Potret Buram Pendidikan di Aceh Tengah

Sabtu, 01 Oktober 2016 - 09:06 WIB
Potret Buram Pendidikan di Aceh Tengah
Potret Buram Pendidikan di Aceh Tengah
A A A
ACEH TENGAH - Potret buram pendidikan masih tampak di sejumlah daerah pedalaman di Tanah Air, termasuk di Aceh Tengah, Aceh. Kesenjangan sarana pendidikan dirasakan oleh anak negeri ini akibat ketidakpekaan pemerintah terhadap pendidikan di pelosok.

Contohnya, di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Kala Wih Ilang, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah. Semenjak dibangun pada tahun 2013, bangunan berdinding papan dan berlantai tanah ini tak kunjung mendapat perhatian pemerintah.

Bangunan yang memiliki dua ruang sebagai tempat belajar kini diisi oleh murid kelas 1 sampai kelas 4. Untuk dapat belajar di waktu yang sama, dua kelas yang berbeda terpaksa digabungkan dalam satu ruang belajar.

Kondisi tersebut mengakibatkan fokus belajar murid terganggu. Kebijakan menggabungkan murid yang berbeda kelas tersebut terpaksa dilakukan mengingat madrasah tersebut hanya memiliki dua ruang belajar, tanpa kantor kepala sekolah, ruang dewan guru, maupun pustaka.

Hal tersebut seperti dikatakan Sulastri, guru honorer yang sudah mengajar di madrasah tersebut sejak awal berdirinya pada tahun 2013. Sulastri juga mengatakan, kendala yang kerap dialami para murid adalah keterlambatan guru. Kondisi jalan yang buruk dan jarak tempuh ke sekolah di pelosok Kabupaten Aceh Tengah tersebut menjadi hambatan utama.

Bahkan, menurutnya, tak jarang orangtua murid menyampaikan keberatannya atas kondisi itu. Dia yang merupakan warga setempat pun hanya bisa meminta orangtua murid memaklumi kondisi tersebut.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5249 seconds (0.1#10.140)