PNS Ini Nekat Bolos 4 Bulan untuk Jalan-Jalan ke Australia

Selasa, 13 September 2016 - 20:32 WIB
PNS Ini Nekat Bolos 4 Bulan untuk Jalan-Jalan ke Australia
PNS Ini Nekat Bolos 4 Bulan untuk Jalan-Jalan ke Australia
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Seorang PNS berinisial DI (30) yang bertugas di kantor Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPP KB) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng, nekat membolos kerja selama empat bulan.

DI membolos kerja demi bekerja di Australia. Padahal, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kobar tidak mengizinkan DI pergi ke negara Kangguru tersebut.

"Dia pernah menghadap saya dua kali, meminta izin cuti di luar tanggung jawab negara. Tetapi tidak saya izinkan, karena alasannya tidak ada korelasinya dengan tupoksi dia sebagai PNS," ujar Kepala BKD Kobar Tengku Ali Syabana, Selasa (13/9/2016).

DI tercatat sebagai PNS sejak tahun 2010 lalu. Di BPPKB, dia manjabat sebagai pegawai pelaksana dengan golongan 3B. Diketahui, DI ikut bergabung dengan organisasi sosial primata orang utan. DI pergi ke Australia sebagai tenaga sukarelawan.

"Kalau sesuai PP 53 tahun 2010 tentang Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil, dia bisa berikan sanksi berat, di antaranya pemberhentian sebagai seorang PNS," beber Ali.

Ali menyebut, untuk proses penegakan disiplin DI, BKD masih menunggu dokumen pelimpahan dari BPPKB. "Kalau masalah gajinya saya belum dapat laporan, tapi biasanya kalau ASN selama satu bulan bolos gajinya langsung di setop. Tapi lebih jelasnya tanya ke Kepala BPPKB," pintanya.

Sumber menyebut, DI saat ini sudah diberikan hukuman penundaan kenaikan gaji berkala selama satu tahun, terhitung mulai 10 Juni 2016 sampai 10 Juni 2017. Hukuman itu diberikan karena DI melanggar kewajiban masuk kerja dan tidak mentaati ketentuan jam kerja, dan melakukan pelanggaran tidak masuk kerja.

Sementara itu, Kepala BPPKB Kobar Zainah masih sulit dimintai keterangan. Saat mencoba mendatangi ruang kerjanya, namun tidak ada di tempat. Tanggapan melalui telpon pun nihil.

Dilacak melalui akun Facebooknya, benar saja, DI kini tengah berada di Australia. "Gak terasa sdh 4 bln 17 hari tinggal di Perth, skrg saatnya road trip Adelaide-Melbourne-Sydney. Bismillah.... ready for new adventure!!!!," tulisnya, Rabu 7 September 2016.

Selain itu, di Facebook miliknya juga DI sering mengunggah foto-foto selfie keberadaan ia di Australia. Sontak, wanita yang diketahui memiliki suami di Pangkalan Bun dan bekerja di salah satu bank swasta itu sering mendapat komentar dari teman-teman Facebooknya.

"Hati-hati ketauan Menteri PAN/RB Yuddy..," tulis salah satu teman di Facebooknya, dalam kolom komentar.

Saat wartawan mencoba mengklarifikasi kebenaran informasi tersebut melalui pesan di Facebook DI, ia hanya menjawab, "No coment."
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4664 seconds (0.1#10.140)