35 Titik Panas Kepung Riau, Terbanyak di Tempat Praka Wahyudi Meninggal

Rabu, 24 Agustus 2016 - 12:48 WIB
35 Titik Panas Kepung Riau, Terbanyak di Tempat Praka Wahyudi Meninggal
35 Titik Panas Kepung Riau, Terbanyak di Tempat Praka Wahyudi Meninggal
A A A
PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan terus melanda Riau. Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), terdeteksi 35 titik panas di Riau.

Kebakaran terparah berada di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), yang merupakan tempat Praka Wahyudi memadamkan api dan akhirnya meninggal dunia.

"Di Rohil terdeteksi 11 titik panas," ucap staf analis BMKG Pekanbaru Slamet Riadi, Rabu (24/8/2016).

Sisanya menyebar di enam kabupaten/kota yakni Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Siak, Inhu, Pelalawan, Bengkalis, dan Kota Dumai.

Sementara untuk Pulau Sumatera, Provinsi Riau menjadi provinsi yang titik panasnya terbanyak. Di Sumatera total ada 43 titik panas. Titik panas itu menyebar di Provinsi Lampung tiga titik, Sumatera Barat dua titik, Sumatera Utara, Babel, dan Jambi masing-masing satu titik.

Terkait munculnya kebakaran di berbagai daerah, Satgas Udara Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan langsung menuju lokasi.

Kasi Base Ops Lanud Roesmin Nurjadin Mayor Ferry Duwantoro mengatakan, Satgas Udara sudah mengerahkan pesawat air tractor dan helikopter untuk pemadaman.

"Helikopter dan pesawat sudah bergerak untuk melakukan water bombing (bom air). Lokasi di Pujud dan di Tangga Besar Kabupaten Rohil. Di Kota Dumai kebakaran berada di Basilam Baru Sungai Sembilan. Kemudian di Pinggir, Kabupaten Bengkalis dan Rimbo Panjang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar," ucapnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6294 seconds (0.1#10.140)