King the Land vs See You in My 19th Life, Review dan Ratingnya

Senin, 19 Juni 2023 - 11:08 WIB
loading...
King the Land vs See You in My 19th Life, Review dan Ratingnya
Drakor King the Land dan See You in My 19th Life yang tayang bersamaan bersaing dalam meraih rating tinggi. Foto/JTBC, tvN
A A A
JAKARTA - King the Land dan See You in My 19th Life adalah drama Korea yang tayang hampir bersamaan di JTBC dan tvN serta Netflix. Serial Sabtu-Minggu ini juga dibintangi para pemain terkenal.

King the Land dibintangi oleh dua idol K-pop dari generasi kedua, yaitu Junho 2PM dan YoonA SNSD. Sedangkan See You in My 19th Life diperankan oleh Shin Hye-sun dan Ahn Bo-hyun. Keduanya bergenre komedi romantis, tapi drama yang disebut terakhir ditambah genre fantasi.

King the Land bercerita tentang seorang manajer umum hotel yang benci pada orang yang senyumnya palsu, tapi ia malah jatuh cinta pada stafnya yang harus selalu tersenyum demi tamu hotel. Sedangkan See You in My 19th Life berkisah tentang seorang perempuan yang mampu mengingat seluruh kehidupan reinkarnasinya, dan kini mencari pria yang pernah disukainya pada kehidupan sebelumnya.



Karena punya genre yang sama dan tayang pada jam yang nyaris bersamaan, sama-sama tayang di TV Kabel dan platform streaming video yang sama untuk penonton global, serta dibintangi pemain beken, sebagian penonton bingung memilih drama yang mana yang didahulukan untuk ditonton. Nah, berikut ini ulasan tentang kedua drama untuk membantumu menentukan pilihan berdasarkan dua episode perdananya.

1. Perbandingan Rating

King the Land vs See You in My 19th Life, Review dan Ratingnya

Foto: JTBC

King the Land dan See You in My 19th Life baru tayang dua episode, yaitu pada 17-18 Juni 2023. See You in My 19th Life tayang lebih dulu pada pukul 21.20 KST di tvN. Sementara King the Land tayang pukul 22.30 KST di JTBC. Kedua drama juga tayang di Netflix.

King the Land direncanakan tayang sebanyak 16 episode, sedangkan See You in My 19th Life hanya 12 episode.

Untuk sementara, King the Land masih lebih unggul dari segi rating. Menurut data Nielsen Korea, angkanya adalah 5,0% dan 7,5%. Sedangkan See You in My 19th Life adalah 4,2% dan 5,4%.

Sekadar perbandingan, rating King the Land sedikit lebih rendah dari Doctor Cha yang pada episode kedua mencatat rating 7,7%. Saat ini, Doctor Cha adalah drama JTBC dengan rating tertinggi pada 2023, yaitu hingga 18,5%.

Sedangkan rating See You in My 19th Life juga lebih rendah dibanding drama tvN sebelumnya, yaitu Tale of the Nine Tailed 1938 yang episode keduanya mencetak angka 7,1%. Meski begitu, serial ini adalah sekuel dari drama pertamanya yang artinya sebelumnya sudah punya basis penonton yang cukup besar.

Sementara itu untuk rating di MyDramaList yang diisi penonton global, rating See You In My 19th Life sedikit lebih tinggi, yaotu 8,5 dari 785 pengguna. Adapun King the Land sebesar 8,3 dari 861 pengguna.

2. Perbandingan Cerita

King the Land vs See You in My 19th Life, Review dan Ratingnya

Foto: tvN

Meski sama-sama drama komedi romantis, tapi King the Land dan See You in My 19th Life bisa dibilang menempuh jalur yang berbeda dalam menciptakan adegan-adegan romansanya. King the Land adalah drama romantis klasik, sedangkan See You in My 19th Life lebih dinamis dalam menampilkan ceritanya.

Kalau kamu menyukai drama seperti Business Proposal, King the Land mungkin adalah tontonan yang lebih pas untuk kamu dibanding See You in My 19th Life. Pasalnya, dari dua episode perdana yang sudah tayang, kita sebagai penonton tak akan disajikan cerita rumit yang penuh tanda tanya. Semuanya terasa ringan dan hanya membuat penonton tertawa.

Jalan cerita King the Landsangat bisa ditebak, karena penuh resep klasik drama Korea romantis. Mulai dari perbedaan status sosial, hubungan antara bos dan karyawannya, benci jadi cinta, kesalahpahaman antara dua karakter utamanya, dan adegan-adegan slow motion serta close-up yang secara intens menonjolkan visual indah Junho dan YoonA.

Meski begitu, ada juga beberapa plot terkait persaingan antar-anggota keluarga yang bisa memberikan dinamika berbeda di tengah kisah benci jadi cinta karakter Gu-won (Junho) dan Sa-rang (YoonA). Nasib ibu Gu-won yang menghilang juga mungkin bisa jadi misteri yang menyelip di antara kisah cinta.

Sementara plot cerita See You in My 19th Life lebih membuat penasaran karena unsur fantasi dan rahasia yang dipendam Ji-eum (Shin Hye-sun) dalam meraih cinta dan melindungi Seo-ha (Ahn Bo-hyun). Penonton akan terus penasaran untuk mengetahui kapan Ji-eum akan membongkar hubungan masa lalu mereka atau kapan Seo-ha akan mengetahui atau menyadari sejarah manis hubungan mereka yang terjadi dalam kehidupan ke-18 Ji-eum.

Sama seperti King the Land, See You in My 19th Life juga punya kisah persaingan dalam dunia bisnis. Dalam hal ini, antara Seo-ha dengan teman dekat ayahnya, yang sepertinya juga adalah selingkuhan sang ayah saat ibunya masih ada. Rival Seo-ha dalam berbisnis juga mungkin bisa menjadi batu sandungan dalam episode-episode selanjutnya.

3. Perbandingan Karakter Utama

King the Land vs See You in My 19th Life, Review dan Ratingnya

Foto: JTBC

Karakter Gu-won dalam King the Land adalah sosok klasik dalam drakor komedi romantis, yaitu pria dingin kaya raya pewaris jaringan bisnis keluarga yang sering kali bertindak semaunya. Hal ini tentu langsung menimbulkan konflik dengan Sa-rang yang punya kepribadian bertolak belakang darinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)