Berat Badan Rizki Bocah Obesitas Turun Drastis, Ini Reaksi sang Ibu

Jum'at, 29 Juli 2016 - 23:00 WIB
Berat Badan Rizki Bocah Obesitas Turun Drastis, Ini Reaksi sang Ibu
Berat Badan Rizki Bocah Obesitas Turun Drastis, Ini Reaksi sang Ibu
A A A
PALEMBANG - Berat badan Rizki Rahmad Ramadhan (11), bocah obesitas yang dirawat di RSMH Palembang, Sumatera Selatan, telah turun dari 119 kg menjadi 98 kg.

Ibu Rizki, Salia, mengungkapkan rasa senangnya. Dia tidak memprediksi anaknya mengalami penurunan berat badan hingga 21 Kg. Sesekali Salia nampak menangis dan memeluk anak laki-laki satu-satunya tersebut.

"Sangat berterima kasih pada dokter dan rumah sakit yang sayang pada Rizki. Membantu Rizki agar tidak lagi obesitas. Kami keluarga juga berharap Rizki mampu menjalani pengobatannya," ujarnya, Jumat (29/7/2016).

Sementara, ahli gizi RSMH Palembang yang juga menjadi tim inti dokter yang menyembuhkan Rizki, Julius Azwar, mengatakan, keluarga dan pihak dokter tidak boleh lengah menyusul turunnya berat badan Rizki.

"Jangan berbahagia dulu. Dokter dan keluarga masih harus bekerja keras, untuk menurunkan setidaknya 80 kg berat badannya agar bisa dikatakan tidak menderita obesitas lagi. Penyembuhan dari status obesitas hingga normal lagi," ujar Julius.

Julius menuturkan terdapat beberapa upaya yang dilakukan terhadap Rizki, antara lain hendaknya ada pemeriksaan komprehensif lainnya misalnya pengaruh pada suhu tubuh atau pasien apakah sering pusing atau mengalami gejala lainnya.

"Jika target 1 minggu 1 kg, maka sebulan terjadi penurunan 4 kg. Memang butuh upaya lagi agar Rizki sembuh," katanya.

Penyembuhan anak obesitas, kata Julius, dapat dilakukan hingga selesai. Rizki dapat menjalani pengobatan hingga bentuk tubuhnya ideal meski sekarang mengalami pelebaran dan pembesaran ukuran organ tubuh.

Penurunan berat badan Rizki saat ini, menurutnya, lebih disebabkan perlakuan medis di ruang ICU. Sementara, saat berada di ruang rawat inap sal anak, Rizki akan menjalani pengobatan yang sudah diprogramkan kepadanya.

Misalnya, pada masa penyembuhan jumlah kalori yang diberikan kepadanya mencapai 2.500 kalori dan akhirnya akan berangsur dikurangi hingga 1.700 kalori.

"Terpenting juga gerak tubuh, saat makan Rizki hendaknya jangan sambil tidur. Sebelum makan dan sesudah makan hendaknya dilakukan sendiri, ada gerak-gerak sederhana bagian tubuh yang dilakukan rutin perhari dan perminggu. Rizki juga akan mengikuti home schooling di rumah sakit," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, sepuluh hari dirawat di RSMH Palembang, Sumatera Selatan, bocah penderita obesitas Rizki Rahmad Ramadhan (11) mengalami kemajuan penyembuhan. Saat dipindahkan dari ruang ICU ke ruangan rawat anak, berat badannya mengalami penurunan drastis. Saat masuk rumah sakit pada 19 Juli 2016, berat Rizki sekitar 119 kg. Hari ini, beratnya susut menjadi 98 kg. (Baca juga: Berat Badan Rizki Bocah Obesitas Turun 21 Kg).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3640 seconds (0.1#10.140)