Liburan Gratis, Taman Publik di Kota Bandung Ramai Dikunjungi

Kamis, 07 Juli 2016 - 21:11 WIB
Liburan Gratis, Taman Publik di Kota Bandung Ramai Dikunjungi
Liburan Gratis, Taman Publik di Kota Bandung Ramai Dikunjungi
A A A
BANDUNG - Memasuki libur Lebaran, tepatnya hari kedua Idul Fitri 1437 Hijriah, sejumlah taman publik di Kota Bandung, Jawa Barat ramai dikunjungi pengunjung. Wajar, taman-taman tematik di Kota Bandung menjadi incaran warga dan pengunjung, karena mereka yang berkunjung tak dipusingkan dengan persoalan biaya tiket masuk.

Pengamatan di lapangan, sekitar pukul 09.00 WIB, area taman Lansia yang berada di dekat Gedung Sate Kota Bandung sudah ramai dikunjungi warga. Selain menjadi sarana bermain anak, taman tersebut juga menjadi sarana untuk berkumpul bersama anggota keluarga.

"Saat libur Lebaran, hari ini memang pertama kalinya kami berlibur. Soalnya kan kemarin fokus silaturahmi keluarga," tutur Dewi Rusmiati, warga Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong, saat ditemui di Taman Lansia, Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/7/2016).

Dewi mengaku lebih memilih Taman Lansia untuk berlibur bersama keluarga, mengingat dirinya tak harus mengeluarkan uang saat mengajak anggotanya berkunjung. Berbeda halnya bila harus ke tempat wisata swasta, tentu membutuhkan persiapan dana lebih besar.

Dibanding hari biasa, Dewi mengaku antusias warga berkunjung ke taman tersebut tentu lebih ramai saat musim libur seperti ini. Terlebih patung Dinosaurus yang terpasang di taman tersebut, menurutnya, bisa menyedot perhatian anak-anak.

"Tadinya mau ke Kebun Binatang, tapi tiketnya kan cukup mahal, akhirnya ke sini saja, kan enggak perlu bayar juga," tuturnya.

Bahkan, mulai memasuki siang hari pengunjung yang berdatangan dari berbagai daerah seakan tak menyia-nyiakan momen liburan tersebut. Patung kadal raksasa, Tyrannosaurus Rex yang berdiri kokoh di taman itu juga tak pernah luput menjadi objek berfoto warga.

Sayangnya, pemandangan di taman itu terlihat kurang menarik dengan berhamburannya para pedagang asongan yang berjualan di dalam taman. Padahal, Dinas Pemakaman dan Pertamanan Kota Bandung sebelumnya sudah meminta agar para pedagang tak berjualan di dalam area taman.

Selain Taman Lansia, pengunjung yang menghabiskan waktu berlibur juga terlihat memadati Taman Alun-alun Kota Bandung. Bahkan untuk masa libur saat ini, Taman Alun-alun masih menjadi tujuan utama para wisatawan di Kota Bandung.

Pantauan SINDO Jabar, warga dengan berbagai usia memadati alun-alun yang telah disulap lebih indah pada pemerintahan Ridwan Kamil ini. Dari mulai balita hingga paruh baya.

Bagi anak-anak, area rumput sintesis di taman tersebut tentu menjadi area favorit, karena mereka leluasa bermain dan berlari-lari. Tuti Alawiyah (35), salah seorang warga Kota Bandung mengaku sengaja menghabiskan Lebaran hari keduanya di Alun-alun Kota Bandung.

Ada banyak keuntungan saat berlibur di tempat tersebut, selain tak dipungut biaya, taman tersebut berdekatan dengan masjid, sehingga tidak merepotkan untuk ibadah saat masuk waktu salat.

"Anak-anak biar enggak bosan saja di rumah. Kan kalau di sini (alun-alun) bisa main ramai-ramai," kata Tuti.

Tak hanya bermain, warga pun asyik berfoto di sekeliling. Semakin siang pengunjung tampak semakin ramai. Diperkirakan ribuan orang memadati kawasan sekitar alun-alun dan Jalan Asia Afrika.

Kepala Dinas Pemakaman dan Pertamanan Arief Prasetya menuturkan, dari sejumlah taman publik, Taman Alun-Alun Kota Bandung masih menjadi salah satu tujuan utama terfavorit di Bandung. Baik warga Kota Bandung maupun luar kota.

"Iya, Alun-alun Bandung masih menjadi tujuan wisatawan utama dari luar kota maupun warga kota Bandung," ujar Arief.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7764 seconds (0.1#10.140)