BMKG: 3 Hari ke depan Sulut Masih Akan Dilanda Cuaca Ekstrim

Rabu, 22 Juni 2016 - 05:46 WIB
BMKG: 3 Hari ke depan Sulut Masih Akan Dilanda Cuaca Ekstrim
BMKG: 3 Hari ke depan Sulut Masih Akan Dilanda Cuaca Ekstrim
A A A
MANADO - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, memperkirakan hingga tiga hari ke depan sebagian besar wilayah Sulawesi Utara (Sulut) masih akan dilanda hujan sedang hingga lebat.

Prakirawan Stasiun Meteorologi Sam Ratulagi Manado Rany Puspita Eka Wati mengatakan, berdasarkan pengamatan citra satelit potensi hujan di sebagian besar wilayah Sulut masih akan turun dengan intensitas sedang hingga lebat atau masuk dalam kategori ekstrim.

“Sebenarnya belum pasti kapan cuaca ekstrim ini akan berakhir, tapi dari perkiraan kami kemungkinan masih akan melanda hingga tiga hari ke depan,” jelas Eka Wati di Manado, Selasa (21/6/2016)

Menurut dia, selain disebabkan oleh adanya sirkulasi tekanan rendah di Samudera Pasifik sebelah utara di Papua bagian barat. Cuaca ekstrim ini juga disebabkan adanya pembentukan gugusan uap air yang dapat menyebabkan pertumbuhan awan hujan.

“Yang pertama karena ada perbendaan tekanan di Samudera Pasifik, tapi juga ditambah adanya pembentukan uap air yang menyebabkan pertumbuhan awan hujan,” paparnya.

Pihaknya juga memperkirakan ketinggian gelombang laut dalam tiga hari ke depan bisa mencapai empat meter. Ketinggian gelombang ini diperkirakan akan terjadi di perairan Sulut.

“Gelombang laut tinggi berpotensi terjadi dari 2,5 meter sampai 4 meter di perairan Sulut, di Laut Sulawesi serta di Kepulauan Sangihe Talaut,” ucapnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5073 seconds (0.1#10.140)