Suku Anak Dalam Minta Pemerintah Bangun Jalan Setapak

Kamis, 05 Mei 2016 - 06:06 WIB
Suku Anak Dalam Minta Pemerintah Bangun Jalan Setapak
Suku Anak Dalam Minta Pemerintah Bangun Jalan Setapak
A A A
SAROLANGUN - Kebun karet milik Suku Anak Dalam (SAD) banyak berada di Kedudung Muda, hanya saja jalan menuju relokasi tersebut harus melewati kawasan Taman Nasional Bukit 12. Sehingga untuk menuju lokasi kabun warga barus menempuh jarak sekitar 20 km dan jika di tempuh dengan berjalan kaki dan membawa beban bagi warga SAD maka harus ditempuh selama 1 hari.

"Kami banyak kebun yang ada di dalam tepatnya di Kedudung Muda untuk mengeluarkan hasil kebun harus 1 hari lamanya," kata Meluring (25) warga SAD yang berada di Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Sarolangun, Jambi.

Dengan kesulitan tersebut dirinya sangat mendambakan jalan setapak jika tidak ekonomi terganggu dan rumah juga tidak bisa ditempati.

"Percuma juga jika jalan tidak dibuat, sebab rumah yang dibangun pemerintah jadi jarang kami tunggu dan hanya kami jadikan rumah singgah saja," tambahnya lagi.

Diakuinya selama ini Meluring masih mengikuti tradisi leluhur seperti berburu, mencari getah jernang, tebu (rotan manis),mandau, damar meranti, dan juga mencari madu hutan.

"Tradisi nenek moyang masih kami jalankan, tapi jika jalan dibuat maka kami bisa memiliki kehidupan yang layak," bebernya.

Dengan adanya kegiatan TNI yang berada di pemukiman, Meluring berharap bisa membantu untuk membuat jalan di kawasan tersebut.

"Kami hanya bisa berharap agar bapak tentara bisa bantu kami, buat jalan menuju kawasan yang dekat dengan kebun kami," tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4660 seconds (0.1#10.140)