Hendak Buang Air Kecil, Luther Temukan Penyu

Kamis, 21 April 2016 - 01:02 WIB
Hendak Buang Air Kecil, Luther Temukan Penyu
Hendak Buang Air Kecil, Luther Temukan Penyu
A A A
BALIKPAPAN - Seekor penyu hijau terdampar di permukiman warga di RT 70 Kelurahan Batu Ampar, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim). Diduga, hewan langka nyaris punah ini tersesat hingga masuk ke sungai kecil yang dangkal di tengah permukiman.

Luther, seorang warga yang pertama kali melihat penyu itu bercerita, awalnya ada dua penyu yang terdampar. Penyu itu terjerat pada batang pohon bakau, Selasa (19/4/2016). Setelah dilepas, seekor penyu berhasil menuju laut dalam.

"Waktu itu saya mau buang air kecil tapi melihat sesuatu yang aneh. Saya dekatin ternyata itu seekor penyu. Saya angkat dari bawah saya tolongin, saya turunkan lagi ke laut," kata Luther, Rabu (20/4/2016).

Namun, seekor penyu malah masuk terlalu jauh ke sungai kecil yang dangkal. Meski memasuki permukiman, warga sadar jika hewan ini dilindungi sehingga tak diburu. Atas inisiatif seorang jurnalis yang sedang meliput, warga kemudian memanggil petugas konservasi dari Mangrove Centre Balikpapan pada Rabu sore.

Penyu itu kemudian dievakuasi dengan menggunakan mobil dan dilepaskan ke laut dalam di kawasan Teluk Balikpapan.

"Ini akan kita masukkan lagi ke habitatnya, di air yang lebih dalam, dan nanti akan kita tetap kita laporkan ke BKSDA. Sehingga nanti ini menjadi tugas dari BKSDA untuk bisa tindaklanjuti apa sebenarnya dampak sehingga penyu ini bisa naik ke darat seperti permukiman," kata petugas Mangrove Centre Balikpapan Agus Bei.

Di kawasan ini memang sering ditemukan hewan langka yang terdampar. Sebelumnya, di sungai yang sama warga menemukan dua ekor lumba-lumba hidung botol yang terdampar. Diduga, perambahan kawasan pesisir teluk Balikpapan untuk industri dan permukiman membuat banyak hewan langka tersesat.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9499 seconds (0.1#10.140)