Heboh LKS Bahasa Jawa Mesum di Kota Malang

Kamis, 18 Februari 2016 - 20:48 WIB
Heboh LKS Bahasa Jawa Mesum di Kota Malang
Heboh LKS Bahasa Jawa Mesum di Kota Malang
A A A
MALANG - Kota Malang dihebohkan dengan cover Lembar Kerja Siswa (LKS) bertuliskan aksara Jawa yang jika diartikan adalah alat kelamin pria. LKS ini sempat tersebar di SD swasta dan negeri di Kota Malang.

Mengetahui hal itu, Dinas Pendidikan Kota Malang langsung memerintahkan seluruh pihak SD untuk menarik LKS yang bermuatan pornografi tersebut. Seperti terlihat di SD Muhammadiyah 9 misalnya.

Tampak dalam LKS itu tertulis aksara jawa ko–no–so–lo atau ka-na-sa-la yang sepintas terbaca bahasa Jawa alat kelamin pria atau kata mesum yang tidak senonoh. Ironisnya, buku LKS ini baru seminggu dibagikan di awal semester genap.

Di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang, sedikitnya ada 550 siswa yang menerima buku LKS terbitan Dinas Pendidikan Kota Malang ini. Para orangtua siswa mengaku sangat menyayangkan kelalaian dinas pendidikan itu.

Harusnya, dinas pendidikan bisa lebih teliti dan berhati-hati dalam mencetak buku, sebelum dibagikan kepada siswa. Apalagi, LKS mesum produksi Dinas Pendidikan Kota Malang ini bukan yang pertama kali.

Pada semester ganjil lalu, LKS Bahasa Indonesia dengan cerita mesum dan ilustrasi mesum juga sempat membuat heboh dan berujung penarikan. Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Zubaidah menyesal.

Dia mengaku telah menginstruksikan sekolah untuk menarik peredaran buku LKS tersebut. Dia berdalih, sebelumnya hanya memeriksa isi bukunya saja dan mengabaikan cover buku.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5230 seconds (0.1#10.140)