Debit Bengawan Solo Naik, Lamongan Siaga Banjir

Selasa, 09 Februari 2016 - 14:56 WIB
Debit Bengawan Solo Naik, Lamongan Siaga Banjir
Debit Bengawan Solo Naik, Lamongan Siaga Banjir
A A A
LAMONGAN - Tingginya curah hujan dalam tiga hari terakhir menyebabkan debit air Sungai Bengawan Solo di Lamongan, Jawa Timur mendekati siaga merah. Naiknya debit Bengawan Solo akibat curah hujan tinggi dan kiriman dari daerah hulu. Kini daerah aliran Bengawan Solo mulai siaga banjir.

Menurut Danang petugas Bendung Gerak Babat atau Babat Barage saat ini debit Bengawan Solo di wilayah Laren dan Karanggeneng mendekati siaga merah atau mendekati siaga III.

“Ketinggian debit air di wilayah Laren saat ini mencapai 5,45 meter dan wilayah Karanggeneng mencapai 4,16 meter telah mencapai siaga kuning atau tinggal 5 centimeter lagi memasuki siaga merah, “ kata Danang, Selasa (9/2/2016).

Saat ini debit air terus merangkat naik sekitar 1 centimeter setiap jam. Oleh karena itu pihak Bendungan Babat Barage meminta warga yang berada di sekitar bantaran Bengawan Solo untuk waspada.

Di Lamongan Sungai Bengawan Solo melintasi empat kecamatan yakni, Babat, Laren, Karanggeneng dan Karangbinangun.

Luapan Sungai Bengawan Solo saat ini membuat akses dari Desa Kendal, Kecamatan Babat menuju Jalan Simorejo, Kecamatan Laren terputus akibat banjir.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7242 seconds (0.1#10.140)