JPU Ungkap Motif Pembunuhan Angeline

Kamis, 04 Februari 2016 - 21:25 WIB
JPU Ungkap Motif Pembunuhan Angeline
JPU Ungkap Motif Pembunuhan Angeline
A A A
DENPASAR - Motif dari pembunuhan Engeline Margriet Megawe (Angeline) adalah warisan. Hal tersebut diungkapkan, salah satu Jaksa Penuntut Umum (JPU) Purwanta, di Pengadilan Negeri Denpasar, Kamis (4/2/2016).

"Sudah jelas kita uraikan motifnya adalah ekonomi, di mana diawali dari pengangkatan anak, secara terbuka terdakwa (Margriet Christina Megawe (Margareta) mengatakan secara terpaksa, walaupun dalam perjalanan waktu terdakwa juga menyayangi korban," paparnya.

Namun, dalam perjalanan, pernyataan sangat menyayangi korban itu sangat bertentangan. Fakta berdasarkan keterangan saksi-saksi, terdakwa justru melakukan eksploitasi, juga melakukan penelantaran, dan melakukan tindakan diskriminasi.

"Sampai kemudian terdakwa membunuh korban pada 16 Mei 2015," ujarnya.

Menurut Purwanta, dalam peristiwa tersebut ada ketakutan kekayaan yang akan dibagi. "Itulah motifnya, yang kemudian membuat adanya hal (pembunuhan) tersebut."

Dia menerangkan, harta itu didapat dari perkawinan Margareta dengan Douglas Scarborough, ayah dari Christina Telly Megawe yang berbeda bapak dengan Yvonne Caroline Megawe (anak Margareta lainnya). Warisan itu semua berasal dari Douglas.

Karena Christina warga Amerika, hak waris berdasarkan yang ditulis akta notaris adalah Angeline sebagai pewaris tunggal.

"Mulai dari situ ada ketidakrelaan dan ada kepanikan. Pada saat itu terdakwa sedang butuh uang untuk keperluan hidupnya, untuk membayar gadai emas dan untuk membayar ulang tahun Angeline. Menurut terdakwa, ini semua adalah gara-garanya Angeline."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4590 seconds (0.1#10.140)