Bangunan Madrasah di Subang Ini Memprihatinkan

Rabu, 23 Desember 2015 - 14:42 WIB
Bangunan Madrasah di Subang Ini Memprihatinkan
Bangunan Madrasah di Subang Ini Memprihatinkan
A A A
SUBANG - Kondisi bangunan dan kelengkapan sarana Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Khoer Desa Pangarengan Kecamatan Legonkulon, Subang, memprihatinkan.

Selain fasilitas sanitasi, seperti MCK dan kamar mandi, tidak berfungsi, sejumlah bangunan ruang kelas juga dalam kondisi rusak, di antaranya atap yang sudah bolong.

Kepala MI Al Khoer Desa Pangarengan Suparman mengaku, sekolahnya belum pernah mendapat bantuan pemerintah sejak tiga tahun belakangan. "Terakhir dapat bantuan di 2012 lalu. Sampai sekarang tak pernah ada bantuan lagi," katanya.

Pihaknya berharap, pemerintah membantu pembangunan infrastruktur sanitasi yang memadai, supaya bisa menunjang pola hidup sehat para siswanya.

"Sudah lama fasilitas sanitasi sekolah rusak. Sampai sekarang belum diperbaiki, sebab belum ada biayanya," tuturnya.

Selain fasilitas sanitasi, sekolahnya juga membutuhkan sumber air yang lebih dalam dan bangunan kelas yang memadai untuk kegiatan belajar mengajar.

"Sumber air yang ada sekarang selalu kering tiap musim kemarau. Siswa jadi kesulitan mengakses air bersih. Kami berharap kesulitan ini mendapat atensi pemerintah," papar Suparman

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Subang, Ahmad Sukandar, meminta pihak sekolah bersikap kreatif dalam mengusulkan bantuan yang dibutuhkan, dan tidak perlu menunggu uluran tangan pemerintah.

Sebab, ujar dia, sekarang ini merupakan era teknologi dan transparansi inpormasi, dimana inpormasi mengenai berbagai bantuan dan program pemerintah, sudah tersedia di internet.

"Mereka harus kreatif. Misalnya, persoalan bantuan pembangunan RKB (ruang kelas baru,red) madrasah, itu sudah diinpormasikan lewat internet. Pengelola madrasah yang bersangkutan tinggal klik portal kemenag pusat cq dirjen pendis untuk mencari bantuan yang dibutuhkan, lalu buat usulannya ke kami," beber Sukandar.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5040 seconds (0.1#10.140)