5 Pendaki Diduga Tewas Terjebak Kebakaran Gunung Lawu

Minggu, 18 Oktober 2015 - 17:00 WIB
5 Pendaki Diduga Tewas Terjebak Kebakaran Gunung Lawu
5 Pendaki Diduga Tewas Terjebak Kebakaran Gunung Lawu
A A A
MAGETAN - Sebanyak lima orang pendaki diduga tewas terjebak kebakaran hutan di Gunung Lawu, Magetan Jawa Timur, Minggu (18/10/2015).

Selain lima orang diduga tewas tersebut belasan pendaki lainya kondisinya belum diketahui dan tersesat karena panik ketika kobaran api membesar di sekitar Pos 3 di ketinggian 2.800 di atas permukaan laut (dpl).

Laporan peristiwa ini disampaikan oleh beberapa orang pendaki yang selamat dan mengalami luka bakar.

Menurut Dita Kurniawan pendaki asal Magetan yang selamat, dia melihat beberapa orang pendaki bergelimpangan di sepanjang jalur pendakian saat api tengah berkobar. “Ada lima orang meninggal yang saya ketahui, “ kata Dita, Minggu (18/10/2015).

Para pendaki tersebut, kata dia, semula tak mengetahui adanya kebakaran yang melanda jalur pendakian.
Namun saat hendak turun gunung tiba tiba api menghadang sehingga membuat beberapa rombongan kocar kacir menyelamatkan diri.

Putri seorang pendaki yang selamat juga mengatakan, api tiba-tiba menghadang di jalur pendakian dari arah bawah sehingga menyulitkan dirinya untuk turun.

Kebakaran yang terjadi, kata Putri, mengepung puluhan pendaki yang terdiri dari beberapa rombongan yang hendak turun gunung. Kini tim evakuasi tengah melakukan upaya evakuasi dan penyisiran karena diperkirakan api akan terus membesar.

“Belum ada keterangan secara resmi dari Tim SAR mengenai peristiwa ini banyaknya pendaki yang terjebak dan kondisi yang sebenarnya masih dalam proses penyisiran dan pendataan, “ kata Putri.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6394 seconds (0.1#10.140)