Kekeringan, Ribuan Hektare Sawah Petani Tak Bisa Ditanami

Selasa, 29 September 2015 - 09:26 WIB
Kekeringan, Ribuan Hektare Sawah Petani Tak Bisa Ditanami
Kekeringan, Ribuan Hektare Sawah Petani Tak Bisa Ditanami
A A A
JOMBANG - Musim kemarau yang tak kunjung berakhir membuat waduk-waduk yang ada di seluruh, Jombang tak bisa berfungsi untuk mengairi sawah petani.

Pasalnya, kondisi waduk-waduk tersebut kini mengalami kekeringan yang sangat parah, hingga tidak ada setetes pun air di sana.

Seperti Waduk Grojokan di Desa Pelabuhan, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang ini misalnya, sudah tiga bulan lebih waduk seluas 17 hektare ini kehabisan stok air.

Padahal, waduk ini sangat diandalkan petani untuk mengairi 781 hektare sawah mereka. Akibatnya, ratusan hektare sawah petani kini terpaksa ditelantarkan karena tidak ada air untuk dipakai bercocok tanam lagi.

Arif Gunawan, Kepala Dinas Pengairan Kabupaten Jombang mengakui jika kondisi Waduk Grojokan yang rutin dirawat pemerintah dengan dana APBD ratusan juta rupiah tiap tahunnya ini, kondisinya mangkrak karena sudah tidak memiliki cadangan air sama sekali yang bisa dipakai petani.

"Tak hanya Waduk Grojokan saja seluruh waduk yang ada di Kabupaten Jombang dengan jumlah 19 waduk kini kondisinya mati total," sebutnya.

Di antaranya lanjur Arif, Waduk Kepuhrejo, Waduk Mangunan, Waduk Karangjati, Waduk Karang Pakis, Waduk Grogol, Waduk Bangsri, Waduk Sidowayah, Waduk Banjardowo

"Kemudian Waduk Sumbergondang dan Waduk Banjaragung serta masih banyak waduk lainnya yang semuanya airnya mengering," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1367 seconds (0.1#10.140)