Angin Kencang Landa Ciayumajakuning, Warga Diminta Waspada

Minggu, 02 Agustus 2015 - 17:59 WIB
Angin Kencang Landa Ciayumajakuning, Warga Diminta Waspada
Angin Kencang Landa Ciayumajakuning, Warga Diminta Waspada
A A A
MAJALENGKA - Warga Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) diminta waspada menyusul adanya angin kencang yang akan terjadi beberapa hari ini.

Saat ini, kecepatan angin mencapai 5- 35 km/jam, padahal normalnya hanya 5-20 km/Jam. "Angin kencang yang terjadi sekarang karena adanya tropical siklon/badai tropis di utara Indonesia, tepatnya di perairan laut sebelah timur Filipina," kata Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jatiwangi Kabupaten Majalengka Ahmad Faa Iziyn, Minggu (2/8/2015).

Badai tropis ini, menurutnya, mempunyai tekanan rendah dan memberikan gaya tarik antara udara atau angin, dari wilayah selatan Indonesia menuju ke utara Indonesia,
sehingga menyebabkan angin kencang di sebagian wilayah Jawa termasuk wilayah Ciayumajakuning.

Kondisi itu diperkirakan terjadi antara 4-6 hari ke depan. "Namun, semakin hari, ke depannya semakin berangsur berkurang kecepatan anginnya," tuturnya.

Meski angin kencang yang terjadi saat ini tidak menimbulkan puting beliung, Faa Iziyn tetap meminta agar warga waspada.

"Angin kencang yang terjadi pada musim kemarau jarang sekali atau tidak berpotensi puting beliung. Namun tetap harus diwaspadai, apalagi bagi para pengguna sepeda motor," jelasnya.

Berdasarkan pantauan, di wilayah Kabupaten Majalengka, angin kencang bertiup sejak Minggu (2/8/2015) pagi hingga sore.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka Riswan Graha menuturkan, angin kencang bisa menimbulkan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

"Makanya, bagi yang mau bepergian usahakan memakai masker," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1543 seconds (0.1#10.140)