2 Pondok Pesantren di Jombang Siap Tampung Pengungsi Rohingya

Sabtu, 30 Mei 2015 - 16:28 WIB
2 Pondok Pesantren di Jombang Siap Tampung Pengungsi Rohingya
2 Pondok Pesantren di Jombang Siap Tampung Pengungsi Rohingya
A A A
JOMBANG - Dua pondok pesantren yang memastikan siap membantu pemerintah menampung para pengungsi Rohingya adalah Pondok Pesantren Darul Ulum, di Kecamatan Peterongan dan Pondok Pesantren Tambak Beras, di Kota Jombang, Jawa Timur.

Pondok pesantren ini berani menampung para pengungsi Rohingya, karena memiliki banyak tempat kosong untuk ditinggali. Seperti di Pondok Pesantren Tambak Beras misalnya, kapasitas ruangan yang ada bisa menampung antara 50-100 orang.

Pondok pesantren tertua di Kabupaten Jombang ini bahkan bersedia memberikan berbagai fasilitas layaknya para santri mulai dari tempat tinggal yang layak, hingga kesempatan belajar untuk anak-anak pengungsi Rohingya.

Ketua Majelis Pengasuh Pondok Pesantren Tambak Beras Kh Hasyib Wahab Hasbulloh menyatakan, saat ini Indonesia adalah negara dengan jumlah umat Islam terbesar di dunia. Sehingga, sudah seharusnya membantu umat Islam yang kesulitan.

Namun demikian, Pondok Pesantren Tambak Beras maupun Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan tetap menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah untuk menentukan pesantren mana saja yang nanti akan ditunjuk bagi para pengungsi Rohingya.

Selain menyatakan siap membantu menampung pengungsi Rohingya KH Hasyib Wahab juga meminta pemerintah memberikan perlindungan secara maksimal terhadap para pengungsi dan tidak buru-buru memulangkan mereka ke daerah asalnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5347 seconds (0.1#10.140)