alexametrics

Arsip Berita Soekarno

  • Gagah, Patung Bung Karno Akan Berdiri di Stasiun Tawang

    PT Kereta Api Indonesia (KAI) bakal membangun patung Proklamator Ir Soekarno di polder depan Stasiun Tawang Semarang, Jawa Tengah.

  • Peninggalan Bung Karno Masih Berdiri Kokoh di Tepi Danau Toba

    Danau Toba yang dikelilingi 7 kabupaten di Provinsi Sumatera Utara menyimpan banyak keindahan dan peninggalan sejarah. Salah satu tempat yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Kota Parapat.

  • Dialog Bung Karno dengan Profesor Kadirun Yahya

    SUATU hari Presiden RI pertama Soekarno bertemu dengan seorang ahli fisika yang juga ulama sufi, Prof DR H Kadirun Yahya. Ada perbincangan menarik yang sarat hikmah dalam pertemuan itu.

  • Di Haul Bung Karno, Ketua Umum PBNU: Tirulah Jiwa Beliau

    Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj meminta kepada seluruh elemen masyarakat untuk mengikuti jiwa Presiden pertama RI, Ir Soekarno

  • Bulan Bung Karno Momentum Luruskan Sejarah Soekarno

    Suasana ruangan Kantor Pos Kebon Rojo, Rabu (6/6/2018) tampak berbeda. Jika biasanya kantor ini disibukkan dengan layanan pengiriman, namun hari ini dipenuhi dengan aneka potret Presiden pertama RI, Soekarno.

  • Jas Merah Peringati Hari Lahir Bung Karno di Kantor Pos Surabaya

    Hari ini, 117 tahun lalu, seorang lelaki yang menjadi bagian penting sejarah perjalanan Republik ini dilahirkan, Bung Karno, proklamator, Presiden Pertama Republik Indonesia, Bapak Bangsa Indonesia.

  • Pameran Arsip Bapak Bangsa Bung Karno Bakal Digelar di Kantor Pos Surabaya

    Jas Merah bersama PT Pos Indonesia dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mengadakan pameran arsip Bapak Bangsa Bung Karno.

  • Pengawal Bung Karno Meninggal Dunia

    Letnan Dua (Letda) Ahmad Soetarjo, yang disebut-sebut pengawal Presiden Soekarno (Bung Karno), meninggal dunia, Selasa (23/1/2018) siang, dalam usia 101 tahun.

  • Wali Kota: Bung Karno Adalah Berkah Bagi Blitar

    Bung Karno adalah berkah bagi Kota Blitar. Makam Presiden Pertama RI tersebut dipandang telah memberi potensi ekonomi bagi masyarakat Blitar hingga saat ini.

  • Megawati Lepas Ratusan Kader BMI Napak Tilas Jejak Sang Proklamator

    Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyemangati ratusan anak muda yang mengikuti acara Napak Tilas Sang Proklamator.

  • Tongkat Komando Bung Karno Diklaim Ada di Pangandaran

    Salah satu tongkat komando yang biasa dibawa Bung Karno semasa menjadi Presiden RI ke I kini keberadaannya diklaim ada di Pangandaran.

  • Ketika Soekarno Difitnah Amerika dengan Penari Telanjang

    PERISTIWA ini terjadi pada tahun 1956, saat Soekarno melakukan kunjungan ke Amerika Serikat. Tiba-tiba, Soekarno mendapat kiriman majalah remaja Amerika yang memasang foto dirinya berseragam militer dengan seorang gadis setengah telanjang.

  • Jejak Bung Karno di Bengkulu

    BUNG KARNO dipindahkan ke Bengkulu dari Endeh, Flores, pada 1938. Kedatangan Bung Karno ke Bengkulu sebagai orang buangan disambut masyarakat sebagai seorang pemimpin besar. Apa saja kegiatan Bung Karno di Bengkulu?

  • Cerita Soekarno Ditampar Polisi Militer Jepang

    KISAH ini terjadi saat Soekarno masih tinggal serumah dengan Inggit Garnasih, di Bandung. Saat itu, mereka sudah menikah dan hidup rukun bahagia. Namun, suasana menjadi kacau saat Jepang datang menduduki Indonesia.

  • DN Aidit dan Proklamasi 17 Agustus 1945

    TIDAK banyak yang mengetahui, bahwa orang pertama yang mengusulkan Ir Soekarno menjadi Presiden Republik Indonesia pertama adalah Dipa Nusantara (DN) Aidit. Fakta ini terungkap dalam buku Sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945.

  • Romusha, Luka Bangsa yang Tidak Pernah Kering

    ROMUSHA adalah tenaga kerja paksa pada masa pendudukan bala tentara Jepang. Tenaga kerja paksa ini diambil secara acak oleh militer Jepang, dengan melibatkan aparatur pemerintah, dan sejumlah pemimpin pergerakan rakyat.

  • Terbongkarnya Rahasia Soekarno Terlibat Pemberontakan PETA di Blitar

    PEMBERONTAKAN tentara Pembela Tanah Air (PETA) di Blitar merupakan peristiwa sejarah yang sangat penting pada masa pendudukan bala tentara Jepang. Tidak banyak yang tahu, bahwa dalam peristiwa itu Soekarno terlibat langsung.

  • Bunga-Bunga Revolusi, Pelacur Bandung dalam Perjuangan Kemerdekaan

    PERAN wanita dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia sangatlah besar. Tercatat, ada sejumlah nama besar pahlawan perang wanita Indonesia, yang dengan menyebut namanya saja sanggup membuat bergidik para serdadu Belanda.

  • Inggit Garnasih, Ibu Kaum Marhaen yang Tersingkir di Hari Tuanya

    PERAN Inggit Garnasih dalam kehidupan Soekarno sangatlah besar. Dialah wanita yang selalu mendukung dan berada di samping Bung Karno, saat bapak Indonesia merdeka ini mengalami kesulitan di penjara dan masa pembuangannya.

  • Rahasia Cinta Soekarno dengan Siti Oetari dan Inggit Garnasih

    SOEKARNO menghabiskan masa lajangnya pada usia yang masih sangat muda. Dalam usia yang masih belum 21 tahun, dia telah memberanikan diri untuk menempuh bahtera rumah tangga dengan menikahi Siti Oetari, putri HOS Tjokroaminoto.

Top