alexametrics
  • Kisah Bung Karno Jelang Proklamasi

    Kisah Bung Karno Jelang Proklamasi

    SEJUMLAH fakta unik menyertai detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, seperti sakitnya Soekarno jelang pembacaan teks proklamasi.

  • Menculik Soekarno dan Hatta

    Menculik Soekarno dan Hatta

    Jakarta gempar. Tentara Jepang marah bukan main. Bung Karno dan Istrinya Fatmawati, serta bayi mereka Osamu Guntur, telah lenyap. Demikian juga Bung Hatta. Sutarjo Karyohadikusumah, Gubernur Jakarta hilang. Begitupun dengan Bupati Kerawang Pandu Suriadiningrat.

  • Ketika Bung Karno Memaksa Belanda Pikul Sepeda

    Ketika Bung Karno Memaksa Belanda Pikul Sepeda

    Bung Karno berjalan lenggang kangkung meniti pematang sawah, di belakangnya seorang polisi Belanda mengikuti dengan memikul sepeda.

  • Inderapura dalam Lembaran Sejarah

    Inderapura dalam Lembaran Sejarah

    DI antara sekian banyak kerajaan yang ada dalam lembaran sejarah Minangkabau, tersebutlah Kerajaan Inderapura. Bagaimana sejarah singkatnya?

  • Joko Dolog, Arca Monumental yang Terlupakan

    Joko Dolog, Arca Monumental yang Terlupakan

    Cerita Pagi kali ini mencoba mengulas sedikit tentang arca Joko Dolog yang merupakan perwujudan dari monumen Prabu Kartanegara, Raja Singosari yang terkenal.

  • Karaeng Sigeri dan Panglima Perangnya

    Karaeng Sigeri dan Panglima Perangnya

    Lebih baik mati berkalang tanah, dari pada hidup dalam cengkraman penjajah.  Itu ungkapan La Pawawoi Karaeng Sigeri bersama putranya yang gugur dalam pertempuran melawan Belanda.

  • Perjuangan Rakyat 1926-1927 dalam Karya Sastra

    Perjuangan Rakyat 1926-1927 dalam Karya Sastra

    Cerita pagi kali ini akan mengulas dengan singkat perjuangan rakyat bersenjata pertama yang dilakukan secara nasional, tahun 1926-1927, dengan merujuk pada sejumlah karya sastra yang memiliki napas antikolonialisme.

  • Mengingat Kembali Sejarah Raja Ibadat

    Mengingat Kembali Sejarah Raja Ibadat

    RAJA Ibadat adalah salah satu dari Rajo Tigo Selo, institusi tertinggi kerajaan Pagaruyung yang dalam tambo adat disebut Limbago Rajo.

  • Rajo Tigo Selo, dari Raja Alam hingga Raja Ibadat

    Rajo Tigo Selo, dari Raja Alam hingga Raja Ibadat

    Ranah Minang memiliki banyak cerita yang menarik dan akan terus dipelajari para pemerhati sejarah. Salah satunya, tentang Rajo Tigo Selo.

  • Max Havelaar, Jejak Multatuli Lawan Kolonialisme

    Max Havelaar, Jejak Multatuli Lawan Kolonialisme

    MULTATULI adalah nama pena Eduard Douwes Dekker, pria kelahiran Amsterdam, Belanda, 2 Maret 1820, yang namanya terkenal dalam karya sastra antikolonialisme Max Havelaar tahun 1860.

  • Peristiwa Cimareme, Mengenang Perjuangan H Hasan

    Peristiwa Cimareme, Mengenang Perjuangan H Hasan

    HAJI Hasan merupakan tokoh utama dalam Peristiwa Cimareme tahun 1919. Dia merupakan keturunan Kesultanan Banten, dari ayahnya Kiyai Tubagus Alpani. Ibunya Djamilah merupakan putri R Kartaningrat, pendiri Pondok Pesantren Cimareme.

  • Barus Kota Eksotik Penuh Sejarah dan Misteri

    Barus Kota Eksotik Penuh Sejarah dan Misteri

    Barus adalah salah satu kota tertua di Indonesia dan sudah terkenal di seluruh dunia. Karena pada abad ke-6 M (Masehi) kota ini sudah dikenal dengan hasil hutan berupa kampar dan kemenyan.

  • Terowongan Batu Lubang, Saksi Bisu Kekejaman Kolonial

    Terowongan Batu Lubang, Saksi Bisu Kekejaman Kolonial

    Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) ternyata memiliki sebuah peninggalan situs sejarah perjuangan saat jaman kolonial berupa jalan terowongan yakni Batu Lubang.

VIDEO
PHOTO
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak