Mak Ganjar Kaltim Ajarkan Ibu-ibu Tanam Sayuran Hidroponik

Kamis, 19 Januari 2023 - 11:42 WIB
loading...
Mak Ganjar Kaltim Ajarkan Ibu-ibu Tanam Sayuran Hidroponik
Relawan Mak Ganjar Kaltim menggelar pelatihan dan penyuluhan bercocok tanam hidroponik di Kelurahan Bukit Pinang, Kecamatan Samarinda Ulu, Samarinda, Rabu (18/1/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SAMARINDA - Relawan Mak Ganjar Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar pelatihan dan penyuluhan di Kelurahan Bukit Pinang, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda. dalam kegiatan itu mereka mengajak ibu-ibu untuk memanfaatkan pekarangan rumah yang kosong.

Di lahan kosong itu bisa dipakai ibu-ibu untuk menanam sayuran hidroponik. “Kami ajarkan mereka bercocok tanam dengan cara hidroponik. Ini bisa dilakukan di pekarangan rumah,” kata Korwil Mak Ganjar Kaltim Ernawati Siregar dalam siaran persnya, Rabu (18/1/2023).

Dengan memanfaatkan lahan tersebut, ibu-ibu bisa lebih hemat karena memasak sayur yang ditanam, tanpa membeli di pasar. “Bahkan, sayuran itu bisa menghasilkan uang dengan dijual kembali. Tentu itu sangat membantu perekonomian keluarga,” lanjutnya.

Selain diajarkan cara bercocok tanam, para ibu-ibu peserta penyuluhan juga diberikan sayur sawi hidroponik yang bisa ditanam di rumah masing-masing. “Kami ajarkan caranya dan kami berikan bibitnnya agar ibu-ibu bisa langsung menanam di rumah,” ujarnya.

Kegiatan itu digelar untuk membuktikan kepedulian Mak Ganjar kepada kaum ibu. “Kami juga terinspirasi dari sosok Pak Ganjar Pranowo yang selama ini sangat peduli dengan perempuan, apabila emak-emak,” tuturnya.

Rahmawati (32), salah satu peserta penyuluhan mengaku senang bisa terlibat dalam acara ini. Dia berterima kasih karena mendapatkan ilmu baru dan bisa menanam sayuran hidroponik. “Terima kasih kepada Mak Ganjar dan Pak Ganjar Pranowo atas segala kepeduliannya,” ujarnya.
(poe)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1797 seconds (11.97#12.26)