Gempa M6,2 di Aceh Singkil Tidak Berpotensi Tsunami

Senin, 16 Januari 2023 - 08:12 WIB
loading...
Gempa M6,2 di Aceh Singkil Tidak Berpotensi Tsunami
Gempa bumi tektonik M6,2 mengguncang Aceh Singkil, Aceh. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo 6,2. (Ist)
A A A
JAKARTA - Gempa bumi tektonik M6,2 mengguncang Aceh Singkil, Aceh. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo 6,2.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,98° LU ; 97,90° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 41 Km arah Tenggara Kota Singkil, Aceh pada kedalaman 54 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menujam ke bawah lempeng Eurasia," tulis BMG dalam laman resminya.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik ( oblique thrust)," sembungnya.

BMKG juga menyebutkan, dari hasil permodelan menunjukkan, jika gempa tidak berpotensi Tsunami. "Gempa juga berdampak dan dirasakan di empat kabupaten yakni, Aceh Singkil, Aceh Selatan, Gunung Sitoli dan Padang Sidempuan," sebut akun BMKG tersebut.

Baca: Breaking News! Gempa M6,2 Guncang Aceh Singkil.

kepada masyarakat, BMKG mengimbau agar tetap tenang dan tidak termakan oleh isu yang tidak bertanggung jawab. Serta diminta menghindari bangunan yang rusak atau retak akibat gempa.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1008 seconds (0.1#10.140)