alexametrics

20 Mei, Program Kuliah Gratis di Sumsel Diluncurkan

loading...
20 Mei, Program Kuliah Gratis di Sumsel Diluncurkan
Program kuliah gratis di Sumsel siap dicanangkan mulai tahun ini dengan ditandai peluncurannya pada 20 Mei mendatang. Gubernur Alex Noerdin. (Doc Sindonews)
A+ A-
PALEMBANG - Setelah lama dijanjikan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin akhirnya program kuliah gratis siap dicanangkan mulai tahun ini dengan ditandai peluncurannya pada 20 Mei mendatang.

Kuota awal untuk program kuliah gratis hingga lulus sarjana ini akan ditetapkan sebanyak 2.000 mahasiswa.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel Widodo mengatakan, meski dinamakan kuliah gratis namun ada bidang tertentu yang menjadi persyaratan untuk mengikuti program ini.

Program studi yang diprioritaskan adalah ilmu teknik, kesehatan, dan pendidikan. Mengingat ketentuan bagi yang mengambil program tersebut bertujuan untuk meningkatkan sistem pendidikan dan kesehatan di Sumsel. “Direncanakan tahun ini,” ungkapnya, Rabu (22/4/2015).

Pihaknya pun baru saja membicarakan teknis program kuliah gratis ini dengan tiga PTN di Sumsel, yakni Universitas Sriwijaya (Unsri), UIN Raden Fatah, dan Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) Palembang.

Rencananya, pihak perguruan tinggilah yang akan melakukan seleksi kemudian disetujui oleh gubernur. Bagi yang memenuhi kriteria, maka akan diusulkan untuk mendapatkan program ini.

“Perguruan tinggi mempunyai hak untuk menentukan siapa yang mengambil prodi tersebut melalui jalur masuk ke perguruan tinggi bersangkutan, sehingga berhak mendapat kuliah gratis,” timpal dia.

Widodo menambahkan, selain PT di Sumsel pemerintah akan menggandeng beberapa Perguruan Tinggi (PT) di luar Sumsel bahkan luar negeri. Untuk kerjasama dengan PT di luar Sumsel belum diketahui.

Sementara untuk kerjasama dengan perguruan tinggi dari luar negeri dimungkinkan dengan Korea Selatan dan China.

Menurutnya, kerjasama dengan kedua negara ini bertujuan untuk mengembangkan SDM yang nantinya, dan salah satunya dalam persiapan menyongsong terbukanya kran Masyarakat Ekonomi Asean.

“Jika nanti mereka berinventasi di Sumsel, maka SDM tersebutlah yang akan ditarik. Jadi kita menggunakan putra daerah, bukan menarik dari luar,” jelas Widodo.

Untuk launching kuliah gratis ini nantinya akan digelar di Palembang Sprot Convention Centre (PSCC) Palembang sekitar pukul 14.00 WIB.

Direncanakan akan dibuka langsung oleh Gubernur H Alex Noerdin. Nantinya, setiap perwakilan perguruan tinggi akan diundang, juga tak ketinggalan partisi dan akdemisi yang turut menyaksikan launching tersebut.

Sementara itu, PR I Unsri Prof Anis Saggaf mengatakan, program kuliah gratis ini memang ditunggu masyarakat.

Pihaknya yakin pemerintah provinsi bisa memenuhi wacana tersebut karena anggaran untuk pendidikan di Sumsel memang cukup besar.

Sebelumnya saat bertemu dengan jajaran Pemimpin Redaksi MNC Media di MNC Tower, beberapa waktu lalu Gubernur Alex Noerdin membuat gebrakan baru dengan program kuliah gratis hingga lulus menjadi sarjana. (Baca juga : Sumsel Canangkan Kuliah Gratis hingga Sarjana).

Program ini akan mulai digulirkan tahun 2015 terhadap sejumlah mahasiswa Sumsel yang berprestasi dan tidak mampu.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak