alexametrics

Operasi Donor Ginjal Istri untuk Suami Berjalan Lancar

loading...
Operasi Donor Ginjal Istri untuk Suami Berjalan Lancar
Dwi Widiawati usai operasi donor ginjal untuk suaminya di RSUP dr. M jamil Padang.(foto: Rus Akbar/Okezone)
A+ A-
PADANG - Masih ingat dengan kisah istri yang rela mendonorkan ginjalnya untuk suami tercinta di Rumah Sakit dr. M Jamil Padang.

Saat ini Istri bernama Dwi Widiati Renita Putri (42) telah melewati tahap hiper akut dan kondisinya mulai membaik pasca operasi pendonoran ginjal pada suaminya Jasril Rostian (50).

Menurut Ketua Tim Transplantasi Ginjal Syaiful Azmi, kedua pasien sudah membaik dibanding sebelumnya dan mereka sudah stabil.



Bahkan kata Sayiful, pasien sudah melewati tahap pertama dimana dokter telah membagi tiga fase, penolakan hiper akut, akut dan fase kronik.

"Jadi fase hiper akut ini sudah terlewati, selanjutnya kita memantau dua fase lagi yaitu fase akut dan fase kronik," katanya, Rabu (22/4/2015).

Dijelaskan, jika tiga fase itu terlewati artinya pasien penerima ginjal dan pendonornya bisa pulang, namun kemunkinan terjadi infeksi pada pasien penerima ginjal seperti pernafasan, saluran ginjal bisa saja terjadi, meski kecil.

"Tapi itu sangat jarang, karena sudah diberi obat-obatan untuk mengatasi infeksi tersebut," katanya.

Sementara dokter penanggung jawab pasien Harnavi Harun menjelaskan, pasca operasi yang dilakukan kondisi saat ini dalam stabil, seperti tidak terjadinya sesak napas, gangguan saluran ginjal dan gangguan lainnya.

Saat ini lanjut Hernavi, tensi pasien berada diangka 170 sampai 180, kalsium dalam tubuh pasien penerima baik, hanya saja hemoglobin sedikit menurun 6,5 sementara leukositnya terjadi kenaikan."Ini hanya efek obat-obatan saja," ujarnya.

Yang menenangkan dokter kata Hernavi, jumlah urine yang keluar dari pasien penerima ginjal itu dalam sehari mengeluarkan empat liter. Artinya ginjal yang ditanam itu dalam keadaan baik dan melaksanakan fungsinya seperti ginjal.

Operasi ginjal ini dilakukan pada hari, Senin 20 April lalu, dimana Dwi Widiati Renita Putri memberikan ginjalnya untuk suaminya Jasril Rostian yang menderita gagal ginjal setahun lalu.

Baca Juga: Demi Cinta, Istri Donorkan Ginjal untuk Suami
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak