Penjelasan Dokter tentang Bahaya Nitrogen Cair bagi Anak

Minggu, 08 Januari 2023 - 10:43 WIB
loading...
Penjelasan Dokter tentang Bahaya Nitrogen Cair bagi Anak
Jajanan chiki ngebul.Foto/dok
A A A
JAKARTA - Keracunan chiki ngebul nitrogen cair menimpa tujuh anak di Tasikmalaya, Jawa Barat. Mereka mengalami gejala seperti pusing, sesak napas, muntah-muntah, dan mual usai menyantap chiki ngebul yang dijual di sekitar sekolah.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Ari Fahrial Syam, SpPD, menjelaskan bahwa reaksi keracunan yang dialami sejumlah anak itu diduga akibat chiki ngebul yang dikonsumsi terkontiminasi kuman atau bakteri.

"Kemungkinan chiki ngebul yang dimakan anak-anak ini terkontaminasi kuman atau bakteri, sehingga pasien muntah-muntah dan diare atau nyeri perut," papar dr Ari saat dihubungi MNC Portal, Sabtu (7/1/2023).

Baca juga: Jajanan Ciki Ngebul Makan Puluhan Anak di Jabar, Alami Sakit Perut hingga Radang Usus

Lebih lanjut, dr Ari menjelaskan bahwa chiki ngebul yang memiliki kandungan nitrogen memang tidak direkomendasikan untuk dimakan. Sebab, dapat menimbulkan kerusakan pada saluran cerna atas.

"Chiki ngebul itu kan mengandung nitrogen dan nitrogen itu punya sifat daya beku yang besar. Artinya, ketika terpapar kulit manusia, itu dapat merusak struktur kulit akibat suhu dingin yang ditimbulkan," jelas dr Ari.

Sementara itu, keracunan akibat chiki ngebul ini bukan kali pertama terjadi di Jawa Barat. Dilaporkan bahwa Jawa Barat sudah mencatat total 28 kasus. Sebanyak 24 kasus terjadi di Tasikmalaya dengan 16 anak dilaporkan tidak bergejala.

Sedangkan 7 lainnya bergejala dan dilarikan ke fasilitas kesehatan. Lalu, 4 kasus lainnya ada di Bekasi dengan 1 kasus anak dilarikan ke Rumah Sakit Haji Jakarta, karena mengalami peradangan pada bagian dinding ususnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1758 seconds (0.1#10.140)