Tahun Depan, Kapal Perang Rusia Bersenjata Rudal Zircon Siap Tempur

Kamis, 22 Desember 2022 - 21:06 WIB
loading...
Tahun Depan, Kapal Perang Rusia Bersenjata Rudal Zircon Siap Tempur
Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan bahwa kapal perang pertama Angkatan Laut negaranya yang dilengkapi rudal hipersonik Zircon akan siap tempur. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Kapal perang pertama angkatan laut Rusia yang dilengkapi dengan rudal jelajah hipersonik Zircon akan memulai tugas tempur rutinnya pada awal Januari. Hal itu diumumkan langsung olehPresiden Rusia Vladimir Putin .

Presiden Rusia itu membuat pernyataan tersebut pada hari Rabu selama pertemuan dengan pejabat tinggi pertahanan negara itu.

“Pada awal Januari tahun depan, fregat Admiral Gorshkov akan memasuki layanan tempur dengan yang terbaru, saya ulangi sekali lagi, tidak memiliki analog di dunia, sistem rudal hipersonik Zircon yang diluncurkan dari laut,” kata Putin seperti dilansir dari Russia Today, Kamis (22/12/2022).



Pada pertemuan tersebut, Menteri Pertahanan Sergey Shoigu juga mengumumkan bahwa ICBM Sarmat berbasis silo telah dikerahkan ke pasukan rudal strategis Rusia.

Rudal hipersonik baru, yang secara resmi dikenal sebagai 3M22 Zircon, telah diuji secara aktif selama beberapa tahun terakhir, setelah pertama kali diumumkan oleh Putin pada tahun 2019.

Admiral Gorshkov, fregat rudal modern dengan Armada Utara Rusia, telah melakukan beberapa uji peluncuran rudal baru.



Namun, sedikit yang diketahui tentang senjata itu, yang sangat dirahasiakan. Proyektil tersebut dilaporkan dapat mencapai kecepatan setidaknya 9 Mach – lebih dari 11.000 km/jam – sambil mempertahankan kemampuan untuk bermanuver, membuat mereka secara efektif tidak mungkin untuk dicegat. Proyektil dapat menempuh jarak setidaknya 1.500 km (932 mil), Igor Krokhmal, komandan Laksamana Gorshkov, mengungkapkan awal tahun ini.

Rudal baru tersebut dilaporkan masuk ke dalam tabung peluncuran standar kapal angkatan laut Rusia, yang dilengkapi dengan rudal yang lebih tua seperti rudal jelajah Kalibr atau rudal anti-kapal Onix. Kompatibilitas ini berpotensi memungkinkan setiap kapal pembawa rudal jelajah Rusia dipasangi Zirkon.

Selain kapal permukaan, rudal baru diharapkan akan dipasang pada kapal selam berkemampuan rudal jelajah tertentu, setelah uji peluncuran kapal selam pertama Zircon dilakukan oleh Severodvinsk bertenaga nuklir pada akhir tahun 2021.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1447 seconds (0.1#10.140)