Rupiah Melemah, Ukuran Tahu Tambah Kecil

Jum'at, 13 Maret 2015 - 10:00 WIB
Rupiah Melemah, Ukuran Tahu Tambah Kecil
Rupiah Melemah, Ukuran Tahu Tambah Kecil
A A A
PADANG - Pasca melemahnya nilai rupiah terhadap dolar yang mencapai Rp13 ribu mempengaruhi harga jual kedelai dipasaran, seperti yang terjadi di pabrik tahu, kawasan Gunung Pangilun, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, Sumatera Barat.

Tingginya harga kedelai impor membuat pengusaha tahu mengurangi ukuran tahu dengan harga jual sama agar tetap dibeli pelanggan. Bahkan, karena mahalnya harga tahu, sejumlah wargapun nekad memilih ampas tahu untuk dikonsumsi.

Di pabrik tahu kawasan Gunung Pangilun, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, dalam satu harinya sebanyak dua ton tahu berhasil diproduksi dna di jual ke pasaran dengan harga jual tahu Rp800 rupiah perpotongnya.

Para pengusaha tahu inipun terpaksa harus mensiasatinya dengan menguragi ukuran tahu dari biasanya namun dengan harga jual yang sama agar nantinya pembeli tidak beralih.

Di pabrik ini, kedelai yang diolah untuk membuat tahu diimpor dari Amerika Serikat sebayak 10 ton perharinya. Sementara itu, mahalnya harga tahu membuat sejumlah warga terpaksa mengumpulkan ampas tahu untuk dikonsumsi kembali.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6115 seconds (0.1#10.140)