Tokoh Reformasi Ajak Aktivis Dakwah Tidak Alergi dengan PDIP

Sabtu, 11 Juli 2020 - 16:50 WIB
loading...
Tokoh Reformasi Ajak Aktivis Dakwah Tidak Alergi dengan PDIP
Tokoh Reformasi 1998, Rama Pratama.(Foto/Dok/Kopi Asyik Partai Gelora)
A A A
BANDUNG - Tokoh Reformasi 1998, Rama Pratama menegaskan bahwa politik Islam tidak mungkin diklaim secara strukturalis, baik oleh partai maupun kelompok tertentu. Politik Islam adalah nilai yang lintas struktur. Di partai yang dianggap bukan partai Islam selalu terdapat muslim. Bahkan, pada partai yang dianggap partai Islam selalu juga ada non-muslim.

"Apa iya politisi muslim merupakan jaminan dirinya selalu memperjuangkan nilai Islam? Terus kalau Politisi non-muslim pasti tidak mungkin memperjuangkan nilai Islam? Nilai Islam itu dengan nilai agama-agama lainnya pada prinsipnya akan bermuara pada kemaslahatan bersama," terang Rama dalam webinar Indonesia Paradise Talk dengan tema Gerakan Pemikiran Politik Islam, Jumat (10/7/2020) malam.

"Apakah jika nantinya didukung oleh PDIP, maka saya keluar dari Islam? Ini kesimpulan sesat. Kapan partai politik ber-syahadat?" Kata Rama bergurau.

"Aktivis dakwah yang ingin memperjuangkan Islam, silahkan saja berdiaspora ke partai-partai politik. Jangan alergi juga dengan PDIP, juga bisa ke Gelora dan partai lainnya," tegasnya.

Hal senada disampaikan Tengku Zulkifli Usman yang sering dipanggil TZU, pengamat gerakan Islam internasional. TZU mendorong agar politisi muslim tidak berhenti pada fundamentalisme politik Islam yang membenturkan Islam dengan negara maupun Islamisme politik Islam yang sudah menerima negara, namun masih terbelenggu dengan agenda-agenda formalitas Islam.

"Politisi muslim hendaknya membawa muslim pada post Islamisme yang memperjuangkan kemaslahatan bersama yang itu adalah nilai Islam," kata TZU.

TZU juga menjelaskan bahwa perjuangan teknis seperti mengajak orang giat salat maka itu bukan pekerjaan dengan chanel politik, namun dapat dikerjakan melalui Ormas.

Webinar yang didukung oleh Badan Hubungan Umat Partai Gelora ini diikuti lebih dari 100 peserta dari berbagai daerah di Indonesia serta dihadiri beberapa penggiat sosial politik, tidak hanya dari Jakarta namun dari Aceh sampai dengan Papua. agung bakti sarasa.
(zai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2113 seconds (0.1#10.140)