Kembangkan Domba Batur, Ganjar Gandeng Pihak Kampus

Senin, 19 Desember 2022 - 16:57 WIB
loading...
Kembangkan Domba Batur, Ganjar Gandeng Pihak Kampus
Ganjar Pranowo di Pendopo Soeharto Whitlam, Desa Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Kamis (15/12/2022). Ganjar mengolaborasikan peternak dan perguruan tinggi untuk mengembangkan domba batur. Foto/SINDOnews
A A A
BANJARNEGARA - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menggandeng perguruan tinggi untuk mengembangkan domba batur di kawasan Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara. Dengan kolaborasi ini, para peternak akan mendapatkan pendampingan dari sejumlah perguruan tinggi.

"Peternak didampingi salah satunya IPB (Institut Pertanian Bogor) dan hasilnya bagus. Kandungan dagingnya sudah dianalisa IPB," kata Ganjar di Pendopo Soeharto Whitlam, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Kamis (15/12/2022).

Dengan adanya pendampingan, para peternak mulai beternak secara modern. Salah satunya dengan praktik inseminasi buatan (IB). Diketahui, IB adalah proses memasukkan sperma yang dicairkan dari ternak jantan unggul ke dalam saluran alat reproduksi betina. Proses ini mampu meningkatkan mutu genetik hewan ternak dalam waktu singkat dan menghasilkan anakkan berkualitas dalam jumlah banyak.

"Ini tidak terlalu sulit sebenarnya. Hanya butuh ketekunan dan butuh training lebih banyak. Dulu saya meminta diadakan lomba masak domba Batur, cari chef kelas dunia, yang Indonesia saja. Dan daging ini dimasak dengan berbagai rasa yang bagus nanti kita pilih dan kita sajikan," lanjutnya.

Ganjar berharap, olahan domba Batur nantinya menjadi alternatif wisata di Dieng . Ganjar menyebut bukan hanya sate dan gulai saja yang tersedia, tetapi berkembang dalam bentuk masakan yang lain.

"Dengan teknologi yang hebat ini harapan kita bisa sangat maju. Termasuk tadi dari Undip, mendampingi inseminiasi buatan. Lima bulan akan panen cempe (anak kambing)," kata Ganjar.

Sebagai informasi, tahun depan ada 33 kelompok peternak di Kabupaten Banjarnegara yang mendapat bantuan domba dari dana talangan APBD Pemprov Jateng. Masing-masing kelompok menerima 27 ekor domba dan 6 kambing jawa randu.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1351 seconds (0.1#10.140)