Hindari 5 Makanan Ini untuk Cegah Kolesterol Tinggi saat Natal

Minggu, 18 Desember 2022 - 09:10 WIB
loading...
Hindari 5 Makanan Ini untuk Cegah Kolesterol Tinggi saat Natal
Menghindari lima jenis makanan bisa mencegah kolesterol dalam tubuh meningkat.Foto/ilustrasi
A A A
JAKARTA - Beberapa makanan bisa membuat kadar kolesterol dalam tubuh naik. Namun ada beberapa cara mencegah kolesterol tinggi tersebut, khususnya saat natal. Antara lain menghindari mengonsumsi makanan tersebut.

Kolesterol tinggi sendiri dikenal sebagai "silent killer" karena kurangnya gejala yang jelas. Meski bisa terjadi karena sejumlah alasan, menurut National Health Service (NHS) hal itu bisanya disebabkan oleh makan makanan berlemak, kurang olahraga, kelebihan berat badan, merokok, dan minum alkohol.

Berikut daftar lima makanan yang harus dihindari untuk mencegah kolesterol tinggi saat Natal seperti dilansir dari Express, Sabtu (17/12/2022).

Baca juga: 4 Artis Indonesia Punya Usaha Kuliner Kaki Lima, Nomor 2 Jualan Pecel Lele

1. Daging
Tukar daging Anda dengan berbagai olahan ikan yang tak kalah lezatnya. Ikan dikemas dengan asam lemak omega-3, dan tubuh membutuhkannya untuk menjaga kesehatan jantung. Lebih khusus lagi, omega-3 membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar trigliserida dan mengurangi laju penumpukan plak arteri.

Penurunan kadar trigliserida darah ini juga dapat mengurangi faktor risiko yang terkait dengan penyakit jantung dan tekanan darah.

2. Keripik
Segenggam keripik dari prasmanan mungkin terlihat menggoda. Namun, akan lebih baik jika Anda menukarnya dengan kacang yang menjadi sumber protein yang sudah pasti sehat. Kacang mengandung sarat dengan vitamin, mineral, dan lemak bermanfaat yang semuanya merupakan kunci untuk menjaga kesehatan.

Terlebih lagi, kacang menyediakan fitosterol, yang merupakan senyawa tanaman yang membantu menurunkan kolesterol dengan menghalangi penyerapannya di usus. Namun, ada baiknya memilih kacang tawar daripada kacang asin.

Salah satu alternatif olahan kacang, adalah kacang panggang. Selain itu pilihan kacang yang baik, adalah kacang kenari yang mengandung berbagai asam lemak omega-3

3. Mentega
Sebagian orang cenderung menggunakan mentega sebagai olesan utama untuk menambah rasa pada hidangan Natal favorit mereka. Namun, memasak dengan mentega mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi dan dapat meningkatkan kolesterol jahat. Cobalah untuk mengganti mentega dengan minyak rapa atau minyak zaitun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1647 seconds (0.1#10.140)