Tips Jaga Kesehatan dan Kebugaran usai Begadang Nonton Piala Dunia 2022

Sabtu, 17 Desember 2022 - 05:15 WIB
loading...
Tips Jaga Kesehatan dan Kebugaran usai Begadang Nonton Piala Dunia 2022
Kondisi kurang tidur bukan saja mengakibatkan rasa lelah, tapi mengantuk sepanjang hari dan sering menguap. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Piala Dunia 2022 akan memasuki babak puncak pada Minggu, 18 Desember 2022 pukul 22.00 WIB. Para pecinta bola yang ingin menyaksikan, harus memperhatikan kondisi lantaran keesokannya kembali beraktivitas. Bagi Anda yang ingin nonton laga final tanpa khawatir besoknya lesu dan tidak produktif, di sini akan membagikan solusinya.

Dokter Abi Noya, Medical Content Marketing Senior Manager Alodokter, menyebutkan kondisi kurang tidur bukan saja mengakibatkan rasa lelah, tapi mengantuk sepanjang hari dan sering menguap.

"Selain itu, kurang tidur juga dapat membuat tubuh berisiko mengalami microsleep yaitu hilangnya kesadaran dalam waktu singkat atau beberapa detik yang bisa muncul sewaktu-waktu termasuk saat beraktivitas," jelas dr. Abi dalam keterangan resmi Alodokter, Rabu (14/12/2022).

Akibat dari microsleep ini mencakup kesulitan atau hilangnya fokus, tidak mampu melakukan percakapan yang serius karena sulit memproses pembicaraan, mudah melupakan kejadian yang baru terjadi sesaat sebelumnya, sehingga berkurangnya kontrol terhadap postur tubuh yang ditandai dengan limbung dan kepala seolah terjatuh tiba-tiba.

Nah, agar begadang nonton final Piala Dunia 2022 tidak menyebabkan masalah-masalah tersebut, ada tips yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang. Apa saja itu?

1. Pastikan Tubuh Terhidrasi Sepanjang Hari
Menurut dr. Abi, menjaga hidrasi berarti memastikan tubuh mendapat cukup asupan cairan harian. Nah, untuk mencukupinya direkomendasikan mengonsumsi 8-10 gelas air putih dalam sehari. "Ini akan membuat tubuh tetap segar, tidak mudah lelah, dan fungsi otak pun dapat berjalan dengan baik, sehingga bisa tetap fokus dalam menjalani aktivitas sehari-hari," ungkapnya.

2. Konsumsi Kopi Secukupnya dan Hindari Minuman Beralkohol
Sangat disarankan agar minum kopi secukupnya. Minuman ini memang punya peran sebagai stimulan yang dapat meningkatkan fokus, energi, semangat, dan mengusir kantuk, tapi kalau dikonsumsi berlebihan malah bikin dampak buruk bagi tubuh.

"Konsumsi kopi berlebihan akan membuat Anda susah tidur dan beristirahat, yang pada akhirnya bikin mudah merasa lelah," ujar dr. Abi. Selain itu, untuk menjaga produktivitas, daya konsentrasi, dan kesehatan secara umum, dr. Abi menyarankan agar sebaiknya hindari minuman beralkohol apalagi dalam jumlah berlebih.

3. Olahraga Ringan
Agar tetap berstamina dan penuh semangat, sebelum memulai pagi disarankan untuk lakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki dan stretching. Akan lebih baik lagi jika dilakukan di bawah sinar matahari dan paparan udara segar.

4. Konsumsi Suplemen Multivitamin
Selain mencukupi asupan nutrisi dari makanan bergizi seimbang, Anda bisa juga mengonsumsi suplemen multivitamin untuk menjaga imunitas dan stamina. Suplemen yang direkomendasikan adalah vitamin B, C, D, dan beberapa mineral yang bermanfaat bagi tubuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2604 seconds (0.1#10.140)