4 Cara Memilih Bahan Santapan Sehat dan Lezat

Rabu, 14 Desember 2022 - 07:45 WIB
loading...
4 Cara Memilih Bahan Santapan Sehat dan Lezat
ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menerapkan pola makan sehat dimulai dari bahan makanan yang bergizi. Pemilihan bahan baku makanan yang baik sebelum dimasak sangatlah penting.

Oleh karena itu, perlu Anda ketahui berbagai tips memilih bahan makanan agar dapat diolah menjadi masakan yang nikmat dan sehat.

Berikut ini ulasannya. Makanan sehat adalah makanan yang memenuhi prinsip gizi seimbang, yang berarti beragam jenisnya dan memiliki kandungan yang dapat saling melengkapi, yang juga diolah dari bahan-bahan pilihan. Semakin beragam jenis bahan makanan yang Anda konsumsi, maka semakin lengkap zat gizi yang masuk ke dalam tubuh.

Baca juga: Jawa Timur Dilanda 211 Bencana Sepanjang Januari-November, Banjir Paling Banyak

Tak hanya beragam dan bervariasi, memilih bahan makanan yang berkualitas dari segi kandungan zat gizi juga menjadi salah salah satu alternatif solusi dalam mengonsumsi makanan sehat.

Pasalnya, makanan yang kualitasnya masih terjaga berarti masih memiliki kandungan yang utuh dan bermanfaat bagi tubuh. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai tips memilih bahan makanan sebelum mengolahnya menjadi santapan harian.

Cara memilih bahan makanan yang baik untuk diolah menjadi kudapan sehat Sebelum mengolahnya menjadi makanan yang sehat, berikut ini beberapa tips memilih bahan makanan yang perlu Anda perhatikan.

1. Daging ayam dan daging sapi
Sebelum mengolah ayam dan daging sapi untuk menjadi olahan makanan yang sehat, Anda perlu memperhatikan cara memilih bahan yang baik. Pastikan Anda memilih ayam dan daging sapi yang segar dan masih memiliki kualitas baik untuk diolah. Kondisi daging sapi yang segar umumnya ditandai dengan warna merah segar pada permukaannya.

Sementara itu, untuk ayam, pilihlah ayam yang kulitnya berwarna lebih pucat dari bagian dagingnya. Untuk tekstur ayam dan daging sapi yang berkualitas, pilihlah yang memiliki tekstur yang elastis dan tidak terlalu keras ataupun lembek.

Selain itu, sebaiknya pilih yang memiliki aroma khas dari masing-masing bahan makanan dan tidak berlendir, pastikan Anda juga tidak memilih ayam dan daging sapi yang memiliki bercak kebiruan, karena itu tanda bahan makanan tersebut tidak segar. Hal ini penting untuk diperhatikan karena bahan-bahan yang sudah tidak segar dan busuk, kemungkinan besar terdapat bakteri dan virus. Virus bakteri yang sering mencemari bahan makanannya seperti Salmonella dan E. coli karena dapat membahayakan kesehatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1352 seconds (0.1#10.140)