Topang Ekonomi Nasional, Menkop UKM Dorong Evolusi UMKM

Selasa, 13 Desember 2022 - 17:56 WIB
loading...
Topang Ekonomi Nasional, Menkop UKM Dorong Evolusi UMKM
Sektor UMKM menjadi penopang ekonomi nasional. Karena itu, perlu didorong pelaku ekonomi kreatif (ekraf) untuk bersama-sama untuk melakukan evolusi UMKM dengan menciptakan future SMEs. Foto Antara
A A A
JAKARTA - Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) menjadi penopang ekonomi nasional. Karena itu, perlu didorong pelaku ekonomi kreatif (ekraf) termasuk yang tergabung dalam Indonesia Creative Cities Network (ICCN) untuk bersama-sama untuk melakukan evolusi UMKM dengan menciptakan future SMEs (Small and Medium-sized Enterprises).



Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, sudah banyak evolusi UMKM dilakukan di berbagai negara lewat peran universitas dan anak-anak muda.

"Evolusi bukan hanya skala usahanya, tetapi juga evolusi kualitas produknya menjadi produk unggul berbasis teknologi dan inovasi,” kata Teten saat memberikan sambutan secara virtual dalam acara ICCF 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara, di Jakarta, Selasa (13/12/2022).

Pada 2021, Teten telah menekankan perihal urgensi mempersiapkan UMKM masa depan yang berbasis kreativitas dan teknologi. Salah satu contohnya negara yang ditopang oleh sektor ekraf ialah Korea Selatan (Korsel).

Di negara tersebut, Korsel hadir dengan K-Pop dan K-Drama sebagai bagian dari sektor ekraf yang kini sumbangsih terhadap perekonomian Negeri Ginseng hampir melampaui Jepang.

“Korsel dari nation branding-nya Dynamic Korea menjadi Creative Korea, terbukti berbagai merek dan produk mereka masuk pasar global dan menjadi kekuatan ekonomi Asia,” ujar dia.

Di penghujung pandemi Covid-19, lanjut dia, narasi terkait perkembangan sektor ekraf semakin menguat. Hal tersebut tak lepas dari potensi ekonomi digital Indonesia yang memiliki nilai potensi sebesar Rp5.600 triliun pada 2030 atau tumbuh setidaknya lima kali lipat dari 2021 yang senilai Rp1.042 triliun.

“Saya percaya, melalui kreativitas, khususnya oleh rekan-rekan ICCN ini, potensi ekonomi digital Indonesia harus dapat dioptimalkan sepenuhnya oleh masyarakat khususnya UMKM Indonesia,” ucap Teten.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1642 seconds (0.1#10.140)