Waspada dan Kenali 5 Jenis Sakit Kepala Ini

Selasa, 13 Desember 2022 - 08:40 WIB
loading...
Waspada dan Kenali 5 Jenis Sakit Kepala Ini
ilustrasi
A A A
JAKARTA - Sakit kepala jangan dianggap remeh. Ada lima jenis sakit kepala Ada lima jenis sakit kepala yang harus diwaspadai. Penyebab sakit kepala sendiri sangat beragam.

Menurut para ahli kesehatan, kondisi ini bisa disebabkan karena stres, kelebihan sensorik, dehidrasi, dan hipertensiatau tekanan darah tinggi. Serangan rasa sakit berkisar dalam intensitas dari hampir tidak terlihat hingga benar-benar menyiksa dan.

Rasa sakit ini juga dapat terjadi atau muncul setahun sekali atau sekali sehari. Bagi banyak orang,rasa sakit bisamenjadi sangat tidak nyaman. Sering kali, banyak rasa sakit terjadi di semua sisi tengkorak, yang tumpang tindih dengan berbagai jenis sakit kepala.

Baca juga: Wali Kota Blitar Disekap Perampok di Rumdin, Komisi III DPR Sebut Pengamanan Lalai dan Fatal

Berikut jenis sakit kepala dan cara mengobatinya dilansir dari Times Now News, Senin (12/12/2022).
1. Sakit Kepala Cluster
Menurut Mayo Clinic, sakit kepala cluster terjadi dalam pola siklus atau periode cluster, dan merupakan salah satu jenis sakit kepala yang paling menyakitkan. Ini biasanya akan membangunkan Anda di tengah malam dengan rasa sakit yang hebat di dalam atau di sekitar satu mata di satu sisi kepala.

Sakit kepala cluster menyebabkan serangan yang sering terjadi yang dapat berlangsung dari minggu ke bulan, biasanya diikuti oleh periode remisi ketika sakit kepala berhenti. Meskipun tidak mengancam jiwa, sakit kepala cluster bisa sangat tidak nyaman dan menghentikan hidup Anda.

2. Migrain
Ini adalah jenis sakit kepala yang paling umum yang juga disebut migrain. Ini menyebabkan gangguan sensorik dan visual yang ekstrem melalui kebisingan dan cahaya. Anda mungkin memiliki rasa sakit yang luar biasa di satu sisi wajah dan bukan seluruh kepala.

Dokter mengatakan bahwa migrain biasanya disertai dengan mual dan pusing, sensitivitas terhadap suara dan cahaya, dan penderitanya tidak bergerak sampai serangan berlalu. Migrain juga dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang sering, depresi, kekakuan di leher, retensi cairan, dan sembelit.

3. Sakit Kepala Tegang
Ini adalah jenis sakit kepala yang paling umum yang menyebar, tumpul, namun sakit dan menutupi seluruh dahi. Sakit kepala tegang digambarkan sebagai pita tekanan yang ketat di dahi, seperti ikat kepala yang terlalu kecil. Kondisi ini dapat dipicu oleh apa pun mulai dari stres atau kemarahan hingga cuaca buruk.

Dokter mengatakan sakit kepala tegang bersifat episodik, yang dapat berlangsung dari 30 menit hingga seminggu. Sakit kepala tegag episodik yang sering terjadi kurang dari 15 hari sebulan selama setidaknya tiga bulan dan dapat menjadi kronis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1941 seconds (0.1#10.140)