Kongres ke XIV KNPI di Papua untuk Perkuat NKRI

Sabtu, 21 Februari 2015 - 17:30 WIB
Kongres ke XIV KNPI di Papua untuk Perkuat NKRI
Kongres ke XIV KNPI di Papua untuk Perkuat NKRI
A A A
JAYAPURA - Kongres Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) ke-XIV di Jayapura, Papua, dinilai sebagai upaya memperkuat NKRI. Selain baru yang pertama kali dilakukan di luar Pulau Jawa, kongres ini juga untuk memperkuat ketahanan bangsa yang menjadi tugas pemuda.

"Itu tugas utama bangsa, termasuk para pemuda, menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa ini," kata Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu dalam rilisnya yang diterima Sindonews.com, Sabtu (21/2/2015).

Ryamizard juga menyambut baik penyelenggaraan kongres di Papua sebagai satu bangsa yang utuh. Karena Bumi Cendrawasih merupakan bagian dari Indonesia.

"Keutuhan satu wilayah itu harus saling berkait, utuh. Satu lepas maka bisa lepas semua. Kita harus hitam putih untuk NKRI tidak ada abu-abu," pungkasnya.

Dia juga berpesan kepada para pemuda sebagai calon pemimpin, agar pemimpin pandai merasa.

Merasakan kesulitan hidup rakyat, mendengar rakyat, berbuat untuk rakyat bukan sebaliknya merasa pandai, dan tidak mau mendengar. Tugas pemimpin untuk memimpin, bukan untuk dipuji.

Ketua Umum DPP KNPI Taufan EN Rotorasiko juga menjelaskan, selama ini kongres KNPI dilakukan hanya di Jawa dan Bali.

"Belum pernah di Sumatera dan Kalimantan. Namun kali ini langsung diadakan di Jayapura, Papua, provinsi paling Timur Indonesia," tegasnya.

Pemilihan kongres KNPI di Papua adalah untuk memenuhi permintaan dan perjuangan pemuda Papua selama 20-25 tahun. Tapi baru tahun ini diputuskan untuk dilaksanakan di Papua.

"Para pemuda Papua mau kongres KNPI di sana untuk melengkapi sumpah pemuda 28 Oktober 1928 di Jakarta dimana saat itu belum ada keikutsertaan Jong Papua dalam kongres pemuda yang melahirkan sumpah pemuda dan menjadi cikal bakal persatuan negara Republik Indonesia," tambah Taufan.

Kongres KNPI di Papua, kata dia, untuk menegaskan, bahwa Papua daerah yang aman untuk dilakukan pertemuan tingkat nasional dan berskala internasional serta provinsi yang aman dan siap untuk melakukan pembangunan ekonomi.

"Dengan dipelopori kongres KNPI di Papua diharapkan jadi inspirasi bagi organisasi masyarakat dan partai politik untuk menjadikan Papua sebagai tempat diadakannya kongres atau musyawarah nasional," pungkasnya.

Menurut Wakil Ketua Panitia Nasional Kongres KNPI ke XIV Arnold Udam, saat ini kesiapan di Jayapura sebagai tempat penyelenggaraan sudah mencapai 90%.

"Jadi 10%nya tinggal menunggu kedatangan peserta kongres," kata tokoh pemuda asal Papua ini.

Arnold yang juga merupakan Ketua DPP KNPI Korwil Papua menegaskan, DPP KNPI telah bertemu dengan sejumlah elemen masyarakat Papua mulai dari tokoh adat, tokoh agama, dan beberapa kelompok masyarakat.

Mereka semua menyatakan dukungannya atas kongres yang akan dilaksanakan di tanah Papua ini.

"Ya mungkin kongres atau acara semacam ini hanya bakal terjadi 100 tahun lagi di tanah Papua. Makanya mereka sangat mendukung pelaksanaanya di Bumi Cendrawasih ini, " timpal mantan Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Hukum Uncen ini.

Arnold juga menegaskan, semua biaya tiket pulang pergi (PP) peserta kongres akan ditanggung oleh pihak panitia daerah.

"Kami menyediakan tiga embarkasi, pertama untuk region Sumatera yaitu embarkasi di Bandara Ngurah Rai, kedua embarkasi Jakarta untuk wilayah Pulau Jawa dan ketiga embarkasi Makassar untuk region Sulawesi, Kalimantan dan Maluku, " tandas Arnold.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4272 seconds (0.1#10.140)