Prosesi Siraman, Erina Dimandikan Pakai Air 7 Sumber

Jum'at, 09 Desember 2022 - 13:38 WIB
loading...
Prosesi Siraman, Erina Dimandikan Pakai Air 7 Sumber
Erina Dimandikan air 7 sumber. Foto: Yohanes/SINDOnews
A A A
SOLO - Prosesi siraman calon istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono berlangsung hikmat. Air yang digunakan untuk prosesi siraman Erina, diambil dari 7 sumber air berbeda.

Pembawa acara siraman, Wigung Wratsangka mengatakan, air tersebut diambil dari 7 lokasi bersejarah dan dianggap sakral oleh masyarakat Jawa, di antaranya dari Masjid Panepen Kraton, Ndalem Puro Pakualaman, Mangkunegaran, air dari kediaman Jokowi, kediaman Sofiatun atau rumah Erina, Masjid Raya Surakarta dan air Zam-zam.

"Kenapa harus 7, karena tujuh itu diartikan sebagai pitulungan. Ya, ada pituduh, pitulungan, pitutur, pitakon, pitulus dan piturut. Artinya supaya mendapatkan keberkahan dalam membangun hubungan rumah tangga baru," katanya, Jumat (9/12/2022).



Dia menjelaskan, bahwa prosesi sebelum akad pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono ada sejumlah prosesi adat Jawa yang dilangsungkan, baik di Surakarta maupun di Yogyakarta.

Di antaranya prosesi majang tarub, upacara cethik geni adang sepisanan, ngracik tirta siraman, noto lemek palenggahan, upacara majang pasarean, upacara sungkeman ibu dan upacara sungkeman langkahan kakang.



"Secara urutan sangat lengkap sekali untuk prosesi adat Jawa yang dilaksanakan. Jadi ada 7 prosesi ya," imbuhnya.

Pada rangkaian prosesi tersebut, tampak pula hadir istri Sri Sultan Hamengku Buwono X, GKR Hemas, Mensesneg, Prof Dr Pratikno, dan sejumlah tamu undangan lainnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1313 seconds (0.1#10.140)