Pemprov Jatim Siapkan Bantuan Psikososial Bagi Korban APG Gunung Semeru

Selasa, 06 Desember 2022 - 08:21 WIB
loading...
Pemprov Jatim Siapkan Bantuan Psikososial Bagi Korban APG Gunung Semeru
Pemprov Jatim siapkan bantuan psikososial bagi korban APG Gunung Semeru.
A A A
LUMAJANG - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meninjau sejumlah posko pengungsian dan lokasi terdampak Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru . Tim dukungan psikososial tetap dibutuhkan.

"Trauma terhadap letusan APG tahun lalu masih kuat dalam memori mereka (para pengungsi). Oleh karena itu, Pemprov Jatim melalui Dinas Sosial Jatim akan segera menurunkan tim dukungan psiko sosial ke Lumajang," katanya, Senin (5/12/2022).

Orang nomor satu di Jatim itu juga memastikan kebutuhan logistik dan layanan kesehatan terutama para pengungsi tercukupi dengan baik. “Sesuai koordinasi saya dengan Pak Bupati bahwa Tim Kesehatan Pemprov fokus di Pronojiwo dan Tim dapur umum dari BPBD juga disiapkan di Pronojiwo. Meskipun dapur umum dari BPBD Provinsi juga disiapkan di Candipuro,” katanya.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, kondisi masyarakat relatif lebih aman. Meskipun status yang dikeluarkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) masih level IV (status awas), namun penanganan masyarakat yang ada di tepian aliran lahar masih jadi prioritas.

“Termasuk juga antisipasi kalau adanya curah hujan tinggi terutama di puncak Semeru. Karena di atas masih ada potensi APG (Awan Panas Guguran) yang potensinya akan menurunkan lahar dingin,” katanya.

Baca juga: Polres Malang Salurkan Bantuan Ketum Bhayangkari untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Sementara itu di Balai Desa Penanggal, Khofifah menyerahkan bantuan korban bencana kepada Bupati Lumajang yakni berupa Beras 1000 kg (@ 65 Kg Reguler), Mie Instan 50 Karton, Minyak Goreng 200 Liter, Masker Kain Anak 4.000 Pcs, Masker Kain Dewasa 6000 Pcs, Masker Medis 10.000 Pcs.

Selanjutnya, selimut 100 pcs, kasur lipat 50 pcs, bantal 50 pcs, pakaian perempuan 50 paket, pakaian laki-laki 50 paket, air mineral 35 karton, sabun detergen 1 karton, sabun mandi 2 karton, sarden 200 kaleng, gula 200 kg, dan terpal 50 pcs
(msd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3300 seconds (10.101#12.26)