alexametrics

Srikand

Tanggung Jawab Sosial

loading...
Tanggung Jawab Sosial
(GKR Condro Kirono)
A+ A-
Angka kemiskinan di DIY masih cukup tinggi, yakni 14,55%. Angka tersebut menunjukkan DIY termasuk 10 besar termiskin di Indonesia.

Peran serta masyarakat, khususnya Karang Taruna, sangat besar untuk mengentaskan kemiskinan. Ketua Karang Taruna DIY, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Condro Kirono mengatakan, diberlakukannya UU Nomor 6/2014 tentang Desa menjadi angin segar untuk mengentaskan kemiskinan. "Karang Taruna harus mengambil peran aktif di dalamnya, membangun desa dan wilayahnya," katanya.

Putri kedua Raja Keraton Yogyakarta ini mengungkapkan, substansi UU Desa ini sangat tepat sekali, yakni mengembalikan visi otonomi desa dan menempatkan desa sebagai subyek pembangunan bukan obyek pembangunan.

"Desa bukan muara kemiskinan, tidak lagi objek melainkan subjek pembangunan," ujarnya. Atas dasar itu, pemilik nama kecil Gusti Raden Ajeng (GRAj) Nurmagupita ini mengatakan, karang taruna harus menjadi generasi yang tangguh dan men jadi motor pembangunan di desanya. "Karang taruna merupakan komponen penting di desa dan bersinergi dengan lem baga yang ada di desa," katanya.

Perempuan yang juga biasa disapa Ita ini juga mengingatkan bahwa karang taruna dalam konteks diberlakukannya UU Desa sebagai bagian dari tanggung jawab sosial. "Bagaimana berperan dalam menjaga kearifan lokal pembangunan ma syarakat desa," ungkapnya.

Ridwan anshori
(ars)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak