Banjir Kepung Pati, 1 Warga Tewas dan Ratusan Jiwa Mengungsi

Kamis, 01 Desember 2022 - 09:06 WIB
loading...
Banjir Kepung Pati, 1 Warga Tewas dan Ratusan Jiwa Mengungsi
Banjir terjadi di Desa Sinomwidodo Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati. Rumah-rumah tergenang, Kamis (1/12/2022) dini hari.
A A A
PATI - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Pati, Rabu (30/11/2022) mengakibatkan wilayah Desa Sinomwidodo, Kecamatan Tambakromo dan Desa Gunungpanti, Kecamatan Winong tergenang banjir. Akibatnya satu warga Desa Sinomwidodo, Kecamatan Tambakromo meninggal dunia.

Sedangkan ratusan orang lain terpaksa diusingkan karena rumah mereka tergenang banjir. Jumlah warga yang dievakuasi tim SAR gabungan pada Kamis (1/12/2022) pukul 02.20 WIB sebanyak 146 orang. Mereka diungsikan ke tempat yang aman.

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto menjelaskan, ketinggian air yang menggenangi wilayah Kecamatan Tambakromo dan Winong sekitar 1 meter hingga 1,5 meter. Karena itu, warga dievakuasi.

"Basarnas pos SAR Jepara dan Unit Siaga Rembang tiba di lokasi pukul 22.15 WIB dan langsung berkoordinasi dengan potensi SAR yang sudah berada di tempat. Dilanjutkan assesment dan evakuasi terhadap warga yang terdampak banjir," terangnya.

Baca juga: 12 Orang Belum Ditemukan, Tim SAR Perpanjang Pencarian Korban Gempa Cianjur hingga Sabtu

Pada Pukul 02.20 WIB tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi 64 orang warga Dusun Krajan, Desa Sinomwidodo. Mereka diungsikan ke Masjid Miftahul Huda. Satu orang atas nama Sumirah (66) warga Dusun Krajan RT 02 RW 02 Desa Sinomwidodo meninggal dunia.

Sedangkan 82 orang warga Desa Gunungpanti, Kacamatan Winong ungsikan ke masjid Desa Gunungpanti. "Sekarang debit air sudah berangsur surut dan kondisi aman terkendali," pungkasnya.

Sementara itu, informasi yang dihimpun menyebutkan, ada enam desa di Kecamatan Winong tergenang banjir yaitu Desa Danyangmulyo, Padangan, Kropak, Kudur, Gunungpanti dan Godo. Ketinggian air yang menggenangi enam desa tersebut antara 1 hingga 3 meter.
(msd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1532 seconds (10.177#12.26)