Roundtable Discussion Olahkarsa: Usaha Rintisan Lokal Berpotensi Tumbuhkan UMKM

Rabu, 30 November 2022 - 22:22 WIB
loading...
Roundtable Discussion Olahkarsa: Usaha Rintisan Lokal Berpotensi Tumbuhkan UMKM
Direktur SDM PT Kimia Farma Tbk Dharma Syahputra (kiri), Chief Marketing and Corporate Communication SiCepat Ekspres Wiwin Dewi Herawati (tengah), dan Direktur SDM PT Pelindo Terminal Petikemas Edi Priyanto (kanan) dalam roundtable discussion Olahkarsa:
A A A
JAKARTA - Usaha rintisan lokal berpotensi menumbuhkan usaha mikro kecil dan menengah ( UMKM ). Untuk itu perlu didorong lewat berbagai pelatihan dan pengembangan potensi sumber daya yang ada.



Hal ini terungkap dalam roundtable discussion CSR Outlook 2022 yang diselenggarakan oleh Olahkarsa secara offline di Jatiluhur Valley and Resort, Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (25/11/2022). Baca juga: Pamerkan Produk Lokal, Menteri Basuki Ajak Puluhan UMKM Jualan di Kantornya

Pada diskusi bertajuk Creating Shared Value: A New Way of Doing Business tersebut, hadir sebagai pembicara antara lain Direktur SDM PT Kimia Farma Tbk Dharma Syahputra, Chief Marketing and Corporate Communication SiCepat Ekspres Wiwin Dewi Herawati dan Direktur SDM PT Pelindo Terminal Petikemas Edi Priyanto.

Dalam pembahasan mengenai peran CSR, Wiwin Dewi Herawati membagikan upaya yang telah dilakukan oleh SiCepat untuk mendukung UMKM di Indonesia. Menurut Wiwin, bekerja sama dalam mendukung seller di Indonesia hingga saat ini masih menjadi fokus utama pihaknya dalam menjalankan bisnis.

“Meningkatnya jumlah rintisan usaha lokal terutama saat pagelaran KTT G20 di Bali beberapa waktu lalu, membuat kami kembali menyadari adanya potensi besar dalam pertumbuhan UMKM. Memanfaatkan momentum tersebut, kami melalui program CSR: UMKM Sanubari (Siap Bangkit Untuk Negeri) membina total lebih dari 3000 pelaku UMKM dalam webinar online selama 4 bulan sejak Juli hingga November,” tutur Wiwin.

Menurut Wiwin, dukungan kepada pelaku UMKM melalui program Sanubari tak hanya ditunjukkan melalui 12 sesi webinar dan Business Plan Competition saja, tapi juga melalui pembentukan komunitas Sanubari Network.

"Kami menyediakan wadah bagi UMKM yang telah berpartisipasi dalam program Sanubari untuk selanjutnya dibimbing dan dikelola melalui program pelatihan khusus dan program lanjutan yang memberikan benefit bagi rekan UMKM," bebernya.

Dukungan lainnya adalah melalui loyalty program bagi seller yang telah setia menggunakan layanan pengiriman SiCepat Ekspres. Program ini, tambahnya, memberikan benefit bagi seller untuk mendukung aktivitas promosi digital melalui benefit seperti di antaranya foto dan video promosi produk.

"Tak hanya itu, kami juga memberikan dukungan kepada seller berupa kebutuhan packaging melalui program loyalty program ini," sambungnya. Baca juga: Menyoal Tren Bisnis, Sandiaga Uno Minta Pelaku UMKM Fokus Garap Usaha & Pacu Kompetensi

Lanjut Wiwin, pihaknya juga telah menandatangani komitmen bersama dalam penerapan prinsip green corporate pada Selasa (22/11/2022) lalu. Ini sejalan dengan konsep ide bisnis berkelanjutan yang terus diterapkan.

"Melalui komitmen ini, kami menargetkan dapat menjadi perusahaan green corporate dengan menjalankan konsep 4R (Reduce, Reuse, Recycle, Replace) dari hulu hingga hilir roda bisnisnya sesuai dengan standarisasi ISO 14000:2015" imbuhnya.
(don)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2775 seconds (11.252#12.26)