6 Sayuran Ini Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi

Rabu, 30 November 2022 - 07:32 WIB
loading...
6 Sayuran Ini Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi
ilustrasi
A A A
JAKARTA - Penderita darah tinggi dapat melakukan upaya untuk mengatasinya melalui asupan sayur-mayur. Ada enam jenis sayuran yang baik bagi penderita darah tinggi. Sayuran ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Berikut 6 sayuran yang baik bagi penderita darah tinggi.
1. Bayam
Bayam merupakan jenis sayuran tinggi nitrat serta sarat antioksidan, potasium, kalsium, dan magnesium. Menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi.

Dalam sebuah penelitian terhadap 27 orang, mereka yang mengonsumsi 500mL sup bayam nitrat tinggi setiap hari selama 7 hari mengalami penurunan tekanan sistolik (SBP) dan tekanan diastolik (DBP) dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi sup asparagus rendah nitrat. Sup bayam juga mengurangi kekakuan arteri, yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Baca juga: Tiket Konser Raisa Dijual Besok, Harganya Mulai dari Rp175 Ribu
2. Wortel
Wortel mengandung senyawa fenolik tinggi seperti asam klorogenik, p-coumaric, dan caffeic yang membantu mengendurkan pembuluh darah serta mengurangi peradangan yang dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

Meski wortel bisa dinikmati dengan cara dimasak ataupun mentah, memakannya dalam kondisi mentah mungkin lebih bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah studi yang melibatkan 2.195 orang berusia 40–59 tahun menemukan bahwa asupan wortel mentah secara signifikan dikaitkan dengan tingkat tekanan darah yang lebih rendah.

3. Seledri
Seledri mengandung senyawa yang disebut phthalates, yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tingkat tekanan darah. Studi yang sama yang mengaitkan asupan wortel mentah dengan penurunan tekanan darah menemukan bahwa di antara sayuran yang dimasak yang biasa dikonsumsi, asupan seledri yang dimasak secara signifikan dikaitkan dengan penurunan tekanan darah.

4. Tomat
Tomat dan produk apa pun dari tomat kaya akan nutrisi, termasuk potasium dan pigmen karotenoid likopen. Likopen secara signifikan dikaitkan dengan efek menguntungkan pada kesehatan jantung dan mengonsumsi makanan tinggi nutrisi ini, seperti produk tomat, dapat membantu mengurangi faktor risiko tekanan darah tinggi.

5. Brokoli
Brokoli dikenal memiliki banyak efek menguntungkan bagi kesehatan, termasuk sistem peredaran darah Anda. Menambahkan brokoli ke dalam makanan Anda merupakan cara cerdas untuk menurunkan tekanan darah. Brokoli sarat akan antioksidan flavonoid yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh.

6. Bit dan Jus Bit Bit adalah jenis buah/sayur tinggi nitrat yang bisa membantu mengendurkan pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa menambahkan bit dan produk bit ke dalam diet Anda dapat membantu meningkatkan tekanan darah yang sehat.
(msd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2902 seconds (11.210#12.26)