Imigrasi Tahuna Perkuat Pengawasan orang Asing di Kepulauan Sangihe

Kamis, 09 Juli 2020 - 13:10 WIB
loading...
Imigrasi Tahuna Perkuat Pengawasan orang Asing di Kepulauan Sangihe
Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tahuna saat menggelar rapat koordinasi Timpora di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kamis (09/7/2020). Foto/Ist
A A A
TAHUNA - Pengawasan orang asing di era tatanan normal baru di wilayah Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut) menjadi pembahasan utama dalam rapat koordinasi tim pengawasan orang asing (Timpora) Kabupaten Kepulauan Sangihe yang digagas Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tahuna.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tahuna James Sembel memastikan, koordinasi Timpora tetap dilakukan dalam rangka pertukaran informasi dan data dari anggota Timpora tentang keberadaan orang asing di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe dan juga terkait COVID-19.

"Adanya pertukaran informasi tersebut, kita dapat melakukan pengawasan orang asing sesuai dengan protokol kesehatan terkait COVID-19," tutur James saat rapat koordinasi di Sangihe Mansion Tahuna yang dibuka Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana, Kamis (09/7/2020).

James menjelaskan, pengawasan orang asing tidak hanya menjadi tanggung jawab petugas imigrasi, namun menjadi tanggung jawab bersama dari berbagai pihak.

Terlebih, dalam situasi pencegahan penyebaran wabah COVID-19 yang sangat mungkin dibawa oleh orang asing.

Dalam kesempatan yang sama Kadinkes Kabupaten Kepulauan Sangihe Jopy F. Thungari menjelaskan, pencegahan penularan COVID-19 terkait dengan keberadaan orang asing terus dilakukan pihaknya.

“Tidak ada perbedaan perlakuan antara orang asing maupun warga negara Indonesia dalam hal penanganan COVID-19,” ujarnya . (Baca juga: Pusat Perbelanjaan di Manado akan Dibuka Bertahap)

Sedangkan rapat koordinasi yang dihadiri para pimpinan Forkopimda ini berjalan lancar dan diwarnai diskusi antusias para peserta.

“Tentunya dengan berjalannya koordinasi yang baik ini, maka sinergitas yang kokoh semakin terjalin guna menjaga tegaknya kedaulatan negara sekaligus proaktif dalam pencegahan COVID-19,” pungkas Sembel.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1929 seconds (0.1#10.140)