Operasi Hari Ketiga Gempa Cianjur, Tim SAR Gabungan Fokus Cari 151 Orang Hilang

Rabu, 23 November 2022 - 09:14 WIB
loading...
Operasi Hari Ketiga Gempa Cianjur, Tim SAR Gabungan Fokus Cari 151 Orang Hilang
Tim SAR gabungan fokus mencari 151 warga yang hilang akibat gempa bumi yang melanda perbatasan Cianjur dan Sukabumi pada operasi SAR hari ketiga
A A A
CIANJUR - Tim SAR gabungan fokus mencari 151 warga yang hilang akibat gempa bumi yang melanda perbatasan Cianjur dan Sukabumi pada operasi SAR hari ketiga. Pencarian akan dilakukan di beberapa kampung dan desa.

Kepala Basarnas Bandung selaku SAR Mission Coordinator, Jumaril menyebut, Basarnas telah menyusun rencana operasi SAR pada hari ketiga. Hal ini menyusul 151 orang yang masih dinyatakan hilang dan dalam pencarian Tim SAR gabungan.

Rencana operasi SAR dibagi menjadi dua, search plan bagi potensi SAR dan search plan bagi Tim Basarnas. Adapun search plan untuk potensi SAR, tim akan dibagi menjadi 12 SRU (Search and Rescue Unit) ke-12 kecamatan wilayah terdampak gempa bumi. Yaitu di Kecamatan Cianjur, Karangtengah, Warungkondang, Gekbrong, Cugenang, Cibeber, Cilaku, Bojongpicung, Cibeber, Sukaresmi, Cikalongkulon, Saluyu dan Pacet.

Baca juga: 26 Sekolah Rusak Akibat Gempa Cianjur, Disdik Jabar Pastikan KBM Tetap Berjalan

“Petugas melakukan pengecekan atau asesmen wilayah terdampak gempa pada sektor yang sudah ditentukan (kecamatan), memastikan di tiap-tiap lokasi tersebut sudah tidak ada lagi atau dibutuhkan upaya pencarian dan pertolongan,” jelas dia, Rabu (23/11/2022).

Apabila menemukan spot atau dugaan dibutuhkan bantuan pencarian dan pertolongan, agar SRU menginformasikan koordinat kepada Pos SAR gabungan. Kemudian melaksanakan aksi pencarian dan pertolongan pada spot tersebut.

Sedangkan search plan untuk Tim Basarnas tim akan dibagi menjadi 4 sektor pencarian yaitu Sektor 1 Kampung Cugenang RT 02, Sektor 2 Kampung Rawa Cina Desa Nagrak, Sektor 3 Kampung Salakawung Desa Sarampad, Sektor 4 Warung Sate Shinta. Dengan rencana evakuasi jika korban ditemukan akan dibawa ke RSUD Cianjur menggunakan ambulans.

“Selain rencana pencarian, agenda khusus hari ini yaitu Rencana droping logistik untuk pengungsi di Desa Talaga, Kecamatan Cugenang, menggunakan Helly BO-105 Basarnas,” imbuh dia.

Adapun kekuatan personel tercatat 796 personel yaitu Kantor SAR Bandung, Kantor Pusat Basarnas, Crew Heli HR-3604, Basarnas Special Group, Kantor SAR Jakarta, Kantor SAR Semarang, Kantor SAR Cilacap serta relawan dan potensi SAR.

Alat yang digunakan antara lain 3 Unit Truck Personel, 3 Unit Rescue Truck, 4 Unit Rescue Compartment, 3 Unit Rescue Car Double Cabin, 2 Unit Motor Trail, 5 Unit Palsar Ekstrikasi, 4 Set Palsar CSS, 2 Set Alkom, 3 Set alat Evakuasi, 1 Set GPR (Ground Panatrating Radar), 3 Unit Tenda Posko dan 1 set Pal Medis.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1734 seconds (0.1#10.140)