Erick Thohir Tokoh yang Berpotensi Didukung Jokowi

Minggu, 20 November 2022 - 23:52 WIB
loading...
Erick Thohir Tokoh yang Berpotensi Didukung Jokowi
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Istimewa
A A A
SOLO - Keterlibatan Menteri BUMN Erick Thohir dalam persiapan pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dinilai positif oleh pengamat. Secara politik bahkan dimaknai sebagai restu Jokowi di Pilpres 2024.

Hal ini diungkapkan Mantan Wakil Ketua PKB Sumsel, Kiky Rizky Yoctavian. Menurutnya, penunjukan ketua panitia acara pernikahan yang penuh ritual budaya dan sangat religius tidak sembarangan.

"Menjadi ketua panitia pernikahan anak Jokowi adalah simbol, tanda yang sulit di bantah bahwa pada orang itulah kelak Jokowi akan menitipkan keluarganya, anak dan cucunya," katanya, Minggu (20/11/2022).

Baca juga: Relawan Jokowi Percaya Erick Thohir Berintegritas

Pria yang aktif di Lembaga Masyarakat Indonesia Fajar Nawasena, serta Pusat Studi Untuk Demokrasi, ini juga mengatakan, menuju 2024 banyak orang hanya melihat capres dan cawapres sebatas faktor elektabilitas semata.

"Padahal jika kita mempelajari kultur Jawa, ketika seorang raja atau pemimpin akan menyelesaikan jabatannya atau berhenti, maka setidaknya ada 3 hal yang akan dipastikan ada pada diri penerusnya," terangnya.

Pertama, memastikan legacy yang ditinggalkan tetap dijaga. Kedua memastikan kesinambungan program, target dan tujuan tetap berjalan. Ketiga, memastikan si penerus merupakan orang yang dipercaya menjadi keluarga.

Baca: Erick Thohir Ikut Sibuk Jelang Hari H Pernikahan Kaesang-Erina

"Kita bersama mungkin akan berpikir waras, bahwa urusan politik lebih banyak manuver. Tetapi urusan pernikahan adalah hal yang sakral dan orang yang sangat dekat dan tepatlah yang ditunjuk untuk melaksanakannya," jelasnya.

Dengan penunjukan Erick Thohir sebagai Ketua Panitia Pernikahan, itu menunjukan kepercayaan Jokowi kepadanya.

Seperti diketahui, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir turut mempersiapkan acara pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina S Gudono yang akan digelar, pada 10 Desember 2022.
(san)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1943 seconds (11.252#12.26)