5 Buah Ini Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Minggu, 20 November 2022 - 07:50 WIB
loading...
5 Buah Ini Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung
Buah pisang menjadi salah satu kudapan yang aman dikonsumsi penderita asam lambung.
A A A
JAKARTA - Asam lambung umumnya meningkat saat mengalami stres atau tekanan. Salah satu cara untuk menurunkan atau mengontrolnya adalah dengan mengudap asupan yang sehat seperti buah.

Namun awas, terlepas dari manfaatnya, mengonsumsi buah secara sembarangan ternyata juga bisa meningkatkan asam lambung. Lantas, buah apa saja yang aman buat asam lambung? Berikut informasinya.

Baca juga: Grace and Glow Meriahkan Shopee 12.12 Birthday Sale

1. Pisang
Pisang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Sebab, buah pisang memiliki sifat alkalin (basa). Selain itu, buah ini juga dinilai membantu menyeimbangkan asam di lambung sehingga gejala asam lambung naik atau gerd dapat dicegah.

2. Alpukat
Buah dengan daging lembut ini tergolong rendah asam sehingga aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Selain itu, alpukat juga cocok untuk menu diet serta kaya kandungan vitamin, mineral, dan senyawa yang bisa menghambat penyerapan kolesterol di dalam tubuh.

3. Semangka
Buah satu ini dikenal dengan rasanya yang manis dan berair banyak. Faktanya, semangka tergolong buah banyak dengan PH yang cukup tinggi, yakni sekitar 5–6,7, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita penyakit asam lambung.

4. Melon
Buah yang juga dikenal manis dan berstektur kenyal yaitu melon. Buah ini cukup aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena mengandung magnesium untuk mampu meredakan gejala maag. Ada beragam jenis melon yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita refluks asam lambung, di antaranya melon honeydew, cantaloupe (blewah), sampai watermelon (semangka).

5. Pir
Buah ini tidak mengandung asam setinggi buah sitrus dan tomat, sehingga pir bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Berkat kandungan asam yang rendah ini, buah pir dinilai tidak akan memicu kambuhnya gejala refluks asam lambung.
(msd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1813 seconds (11.252#12.26)