Penderita Asam Lambung Wajib Hindari 4 Minuman Ini

Sabtu, 19 November 2022 - 05:49 WIB
loading...
Penderita Asam Lambung Wajib Hindari 4 Minuman Ini
Penderita asam lambung akut harus menghindari empat jenis minuman, termasuk yang bersoda.
A A A
JAKARTA - Asam lambung akut merupakan penyakit yang terjadi pada pencernaan manusia. Penyakit yang sering disebut Gerd atau gastroesophageal reflux disease adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu perubahan mukosa yang diakibatkan oleh gangguan sistem saluran pencernaan, di mana asam lambung dan isi perut mengalir kembali ke kerongkongan (esofagus).

Penyakit maag hanya terjadi di lambung saja dengan gejala seperti nyeri ulu hati, begah, mual, muntah, kembung, cepat kenyang, dan sendawa. Sedangkan Gerd adalah naiknya asam lambung ke kerongkongan atau balik arah. Gejala utama Gerd adalah rasa panas di dada dan mulut terasa pahit.

Baca juga: Isak Tangis Pecah saat Roy Marten Tiba di Rumah Duka Tempat Rudy Salam Disemayamkam

Untuk menghindari kambuhnya Gerd, melakukan perubahan gaya hidup juga penting dilakukan supaya gejalanya tidak kambuh kembali.
Perubahan dapat berupa:
- Menurunkan berat badan, jika memiliki berat badan yang berlebih.
- Tidak merokok.
- Meninggikan kepala saat tidur.
- Tidak berbaring atau tidur setidaknya dalam waktu 2 hingga 3 jam setelah makan.

Selain perubahan yang harus dilakukan tersebut, penderita penyakit asam lambung akut atau Gerd harus menghindari beberapa minuman, antara lain:
1. Beberapa Jenis Jus
Jus lemon, jus jeruk, jus jeruk nipis, jus anggur, dan jus tomat. Beberapa jus tersebut mengandung asam sitrat yang dapat mengiritasi kerongkongan. Sementara perut dibuat untuk menahan makanan dengan keasaman tinggi, kerongkongan tidak.

Jika Anda mengalami refluks asam, makanan dengan asam sitrat dapat masuk kembali ke kerongkongan dan mengiritasi atau menyebabkan kerusakan.

2. Kopi
Kopi dapat merangsang peningkatan sekresi asam lambung, membuatnya lebih mungkin naik ke kerongkongan. Ini menghasilkan gejala refluks asam yang meningkat. Minuman berkafein ini terkait dengan peningkatan gejala refluks bila dibandingkan dengan asupan minuman lain.

3. Alkohol
Alkohol dapat berdampak negatif pada refluks asam, terlepas dari apakah sedang minum segelas anggur atau menikmati koktail. Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menjadi faktor risiko untuk mengembangkan Gerd, dan bisa menyebabkan kerusakan mukosa di lambung dan kerongkongan.

4. Soda
Minuman bersoda dapat merangsang peningkatan sekresi asam lambung, membuatnya lebih mungkin naik ke kerongkongan. Ini menghasilkan gejala refluks asam yang meningkat. MG/Andini Deffa Sudjatmiko
(msd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3215 seconds (10.177#12.26)