Asam Urat Bisa Diturunkan dengan 5 Bumbu Dapur Ini Lho!

Rabu, 16 November 2022 - 11:07 WIB
loading...
Asam Urat Bisa Diturunkan dengan 5 Bumbu Dapur Ini Lho!
Bumbu dapur dapat dipergunakan untuk menurunkan asam urat.Foto/ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menurunkan asam urat bisa dengan berbagai cara. Salah satunya dengan bumbu dapur. Cara ini dinilai aman karena yang dikonsumsi bahan alami.

Asam urat lebih sering menyerang mereka yang berusia lanjut (lansia). Namun tidak menutup kemungkinan anak muda pun bisa terkena asam urat, karena pola hidup tidak sehat.

Berikut 5 bumbu dapur penurun asam urat, dilansir dari berbagai sumber.

Baca juga: 5 Skandal Perselingkuhan Artis Paling Mengejutkan, Nomor 3 Menggemparkan Dunia
1. Jahe
Jahe biasa dijadikan bumbu dapur untuk masakan. Konsumsi jahe merupakan salah satu pilihan, untuk menurunkan asam urat.

Melansir Healthline ada studi menunjukkan bahwa pada subjek dengan kadar asam urat tinggi (hiperurisemia), kadar asam urat serumnya berkurang dengan jahe.

Bisa diterapkan dengan ambil jahe secara internal dengan air mendidih. Kemudian tidak lupa masukan 2 sendok teh jahe selama 10 menit, lalu dinikmati 3 cangkir per hari, untuk menurunkan asam urat.

2. Kunyit
Selain jahe, asam urat ternyata juga bisa diatasi dengan kunyit. Ini berkat kandungan curcumin di kunyit, sebagai antiradang dapat mengatasi nyeri sendi akibat asam urat.

Pilihan lainnya adalah membuat pasta kunyit. Dengan mengambil bubuk kunyit di dapur, campurkan 1 hingga 2 sendok makan yogurt, madu mentah, atau minyak kelapa dengan 1 sendok teh kunyit. Oleskan pasta pada sendi yang terkena dan bersihkan setelah 10 hingga 15 menit.

3. Kopi
Bagi Anda yang hobi minum kopi, patut bersyukur. Pasalnya, kopi dianggap mampu menurunkan asam urat. Melansir Verywellhealth, dari studi tahun 2015 menemukan bahwa pada pria yang minum 4 hingga 5 cangkir kopi per hari memiliki 40% penurunan risiko asam urat.

4. Konsumsi makanan rendah kandungan purin

Purin merupakan senyawa kimia alami, di mana ada dua jenis purin: eksogen dan endogen. Purin yang dibuat oleh tubuh kita disebut purin endogen. Makanan rendah purin termasuk buah-buahan, seperti ceri dan buah jeruk, susu rendah lemak, makanan protein nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian dan kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran.

5. Air Minum
Bagi penderita asam urat mungkin tak menyangka, kalau upaya menurunkan asam urat bisa dengan air minum. Beberapa peneliti menganjurkan banyak minum air putih untuk menghindari peningkatan kadar asam urat serum. Setelah aktivitas yang menyebabkan keringat berlebih.

"Saat purin dipecah, asam urat dibuat. Biasanya asam urat diserap kembali dalam tubuh atau dikeluarkan melalui urin dan feses," keterangan verywell, dikutip Minggu (13/11/2022).
(msd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3084 seconds (11.210#12.26)