alexametrics

Akhir Tahun Stok Darah AB Kosong

loading...
Akhir Tahun Stok Darah AB Kosong
Stok darah AB di PMI Kabupaten Musi Rawas (Mura) dan Kota Lubuklinggau dalam satu pekan terakhir mengalami kekosongan. Ilustrasi. (Dok Sindonews)
A+ A-
MUARABELITI - Stok darah AB di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Musi Rawas (Mura) dan Kota Lubuklinggau dalam satu pekan terakhir mengalami kekosongan.

Kepala Hubungan Masyarakat (Humas), PMI Kabupaten Mura, Tusan mengatakan kekosongan golongan darah jenis AB sudah terjadi sejak satu minggu yang lalu.

Hal itu belum adanya pendonor darah golongan AB. Diharapkan masyarakat yang memiliki golongan darah tersebut dapat mendonorkan secara sukarela ke PMI.

Sedangkan untuk golongan darah B dan O stok di PMI masih mencukupi dan mencukupi. "Jika masyarakat membutuhkan darah bisa langsung ke PMI dan petugas siap memberikan pelayanan," ungkap Tusan saat melakukan bakti sosial donor darah di Mapolres Mura, Jumat (19/12/2014).



Menurutnya, jika darah yang diinginkan tidak tersedia dan ada keluarga yang ingin mendonorkan darah.

Petugas juga siap membantu melakukan transfusi darah untuk mendapatkan stok darah yang diharapkan.

Namun, jika tidak ada juga petugas PMI mengarahkan agar keluarga pasien dapat ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Sobirin karena memiliki bank darah.

"Kita harapkan adanya kegiatan sosial seperti donor darah yang digalakkan instansi pemerintah, swasta dan lainnya mampu memberikan pemasukan stok darah di PMI. Sehingga, darah yang diberikan dapat dipergunakan untuk yang membutuhkan," jelas dia.

Terpisah, Kapolres Kabupaten Mura, AKBP Nurhadi Handayani didampingi Wakapolres, Kompol Kadarislam Kasim mengatakan, bakti sosial sebagai wujud kepedulian Polri khususnya Polres Mura turut berperan aktif dalam memenuhi stok darah yang ada di masyarakat.

Sebab, polisi tidak hanya memberikan pelayanan hukum tetapi pelayanan sosial kemasyarakatan.

"Kegiatan ini bagian dari hari ulang tahun satpam. Sehingga, bersama-sama melakukan aksi donor darah," pungkasnya.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak