Inilah 5 Obat Asam Urat Paling Ampuh, Bisa Dibeli di Apotek

Kamis, 10 November 2022 - 20:14 WIB
loading...
Inilah 5 Obat Asam Urat Paling Ampuh, Bisa Dibeli di Apotek
Ada lima obat asam urat paling ampuh dan mudah didapat. Obat asam urat yang tersedia di pasaran terbagi dalam dua jenis dan fokus pada dua masalah yang berbeda. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Obat asam urat banyak didapatkan di pasaran. Ada lima jenis obat asam urat paling ampuh dan mudah diperoleh. Obat yang tersedia di pasaran terbagi dalam dua jenis dan fokus pada dua masalah yang berbeda.

Obat asam urat jenis pertama membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit yang terkait dengan serangan asam urat. Tipe kedua berfungsi untuk mencegah komplikasi asam urat dengan menurunkan jumlah asam urat dalam darah.

Jika Anda mengalami beberapa serangan asam urat setiap tahun, atau asam urat lebih jarang tetapi sangat menyakitkan, dokter akan merekomendasikan obat untuk mengurangi risiko komplikasi terkait asam urat.

Sementara, jika sudah mengalami kerusakan dari asam urat pada rontgen sendi, atau penyakit ginjal kronis atau batu ginjal, obat untuk menurunkan kadar asam urat mungkin direkomendasikan.

Baca juga: 5 Zodiak yang Akan Menghadapi Masalah Keuangan Beberapa Bulan Mendatang

Berikut daftar obat asam urat paling ampuh dan mudah ditemukan dilansir dari Mayo Clinic, Kamis (10/11/2022).
1. NSAID
Anti inflamasi non steroid (NSAID) termasuk obat asam urat yang dijual bebas seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB, lainnya) dan naproxen sodium (Aleve), serta resep NSAID yang lebih kuat seperti indometasin (Indocin, Tivorbex) atau celecoxib (Celebrex). NSAID bisa menyebabkan risiko sakit perut, pendarahan dan bisul.

2. Colchicine
Dokter Anda mungkin merekomendasikan colchicine (Colcrys, Gloperba, Mitigare), obat anti-inflamasi yang efektif mengurangi nyeri asam urat. Efektivitas obat dapat diimbangi, bagaimanapun, dengan efek samping seperti mual, muntah dan diare.

3. Kortikosteroid
Obat kortikosteroid, seperti prednison, dapat mengontrol peradangan dan nyeri asam urat. Kortikosteroid dalam bentuk pil, atau dapat disuntikkan ke dalam sendi. Efek samping kortikosteroid termasuk perubahan suasana hati, peningkatan kadar gula darah dan peningkatan tekanan darah.

4. Allopurinol
Obat-obatan seperti allopurinol (Aloprim, Lopurin, Zyloprim) dan febuxostat (Uloric) membantu membatasi jumlah asam urat yang dibuat tubuh. Efek samping allopurinol termasuk demam, ruam, hepatitis dan masalah ginjal.

Sedangkan efek samping febuxostat termasuk ruam, mual dan penurunan fungsi hati. Febuxostat juga dapat meningkatkan risiko kematian terkait jantung. Baca Juga: 5 Buah yang Bisa Memicu Asam Urat, Kenali dan Waspadai!

5. Probenecid
Obat-obatan seperti probenecid (Probalan) membantu meningkatkan kemampuan ginjal untuk mengeluarkan asam urat dari tubuh. Efek samping obat ini termasuk ruam, sakit perut dan batu ginjal.
(msd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1311 seconds (10.55#12.26)