Tangkap Peluang Bisnis dari Pengembangan IKN, BSBK Siapkan Rp100 Miliar

Kamis, 10 November 2022 - 15:31 WIB
loading...
Tangkap Peluang Bisnis dari Pengembangan IKN, BSBK Siapkan Rp100 Miliar
Pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser, Kalimantan Timur membuka banyak peluang bisnis. Foto dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser, Kalimantan Timur membuka banyak peluang bisnis. Menangkap peluang tersebut, emiten properti dan real estat PT Wulandari Bangun Laksana Tbk (BSBK) menyiapkan Rp100 miliar untuk pembelian tanah seluas sekitar 1,2 hektar di wilayah Kota Balikpapan dan sekitarnya.



Direktur Utama BSBK Christopher Sumasto Tjia mengatakan, rencana pembelian lahan baru akan meningkatkan jumlah land bank yang telah dimiliki BSBK. "Ini dapat mendukung rencana ekspansi di masa yang akan datang guna menangkap peluang bisnis dari pengembangan IKN ," kata Christopher Sumasto Tjia dalam keterangan di Jakarta, Kamis (10/11/2022). Baca juga: Membludak, Kepala Otorita Sebut Investor yang Ingin Masuk IKN 25 Kali Lebih Banyak dari Kapasitas

Christopher mengakui, rencana perpindahan IKN ke Provinsi Kalimantan Timur sudah sangat terasa dampaknya. Hal itu karena pembangunan proyek pendukung IKN melibatkan banyak tenaga kerja baik lokal dan luar Balikpapan.

"Sehingga dampak lain dari proyek tersebut selain kebutuhan sandang, pangan, otomatis permintaan properti juga meningkat. Kami sangat merasakan dampak positif dari pembangunan IKN," ujar Christoper.

Rencananya, pada 2024 sudah mulai ada pemindahan untuk kantor pemerintah dan beberapa fungsi pelayanan telah dilakukan secara bertahap hingga nantinya seluruh kantor pemerintahan dipindah ke wilayah baru. "Bagi kami, kepindahan ibu kota negara ini merupakan peluang emas untuk ekspansi di wilayah baru," kata Christoper.

Menurut Christopher, pemindahan IKN ke provinsi baru akan mampu memberi dampak positif terhadap ekonomi nasional. Pembangunan IKN akan memberikan dorongan investasi yang lebih luas pada wilayah lain serta menjadi salah satu pendorong investasi terkuat di provinsi lain. Baca juga: IKN Nusantara Bakal Dihuni 200 Ribu Penduduk pada 2024

"IKN akan menjadi sumber pertumbuhan baru yang selanjutnya akan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan percepatan kesejahteraan di wilayah sekitar IKN. Pembangunan kawasan IKN Nusantara bisa memberikan dampak ekonomi baik dalam jangka pendek, menengah hingga dampak panjang," tambahnya.
(don)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2217 seconds (10.55#12.26)