Puluhan Tim Esport Jayapura Berlaga Meriahkan Hari Pahlawan

Rabu, 09 November 2022 - 13:40 WIB
loading...
Puluhan Tim Esport Jayapura Berlaga Meriahkan Hari Pahlawan
Puluhan tim Esports Kota Jayapura menggelar laga semifinal dan final dalam turnamen menyambut Hari Pahlawan 10 November yang digelar pengurus ESI Papua. Foto/iNews TV/Edy Siswanto
A A A
JAYAPURA - Puluhan tim Esports Kota Jayapura menggelar laga semifinal dan final dalam turnamen menyambut Hari Pahlawan 10 November 2022. Turnamen ini diselenggarakan Pengurus ESI (Esports Indonesia) Provinsi Papua.

Ajang bergengsi merebutkan hadiah pembinaan jutaan rupiah ini, untuk babak kualifikasi diselenggarakan secara online pada 5-7 November 2022. Semifinal serta final digelar di Wisma Atlet Mandala Jayapura, dan penutupan dilaksanakan pada 10 November 2022.

Baca juga: Eksibisi Esports PON XX Papua 2021, Tonggak Sejarah Esports Indonesia

Pembukaan turnamen ini dilakukan oleh Ketua Umum ESI Provinsi Papua, Mayjen TNI (Purn) Gustav Agus Irianto di Wisma Atlet Mandala Jayapura, Rabu (9/11/2022).

Hadir dalam pembukaan perwakilan Kodim 1701 Jayapura, Ketua ESI Kota Jayapura, Hasbi yang didamping Ketua Panitia Turnament Esport Kota Jayapura, Andika Marcelino.

Gustav Agus Irianto mengatakan jika turnamen yang pertama kali digelar ini bertujuan untuk memperkenalkan Esports kepada masyarakat Papua. Untuk penyelenggaraan, kedepan akan digelar turnamen di wilayah lain di Papua.

"Karena Esports ini adalah olahraga baru baik di KONI Pusat maupun Papua. Dan karena cabang olah raga ini sudah dimasukkan kedalaman even olahraga bergengsi baik dikelas daerah maupun nasional seperti PON, maka kita perkenalkan kepada masyarakat Papua. Kita saat ini di Kota Jayapura dulu, nanti baru merambah ke kabupaten lain," katanya.

Baca juga: Pemenang Piala Presiden Esports 2022 Berpeluang Wakili Indonesia di Kejuaraan Dunia Esports 2022

Selain itu, dijelaskan tujuan lainnya adalah untuk penjaringan atlis Esports yang nantinya akan mewakili Papua pada event skala nasional.

"Kita juga mencari bibit-bibit atlit lewat ajang ini, jadi nanti akan mewakili Papua pada even nasional seperti PON Aceh. Jadi kami berharap kedepan Esports akan lebih dikenal luas oleh masyarakat, khususnya di Papua,"ucapnya.



Sementara, Staf Ahli Wali Kota Jayapura Obet Kambuaya dalam kesempatan yang sama mengapresiasi pelaksanaan tunamen Esports. Obet Kambuaya juga berharap dari turnamen yang digelar bisa menghasilkan bibit atlit yang berprestasi.

"Ini adalah cabang baru yang juga menambah beberapa cabor di KONI Kota Jayapura. Kami berharap ada atlit Esports Kota Jayapura yang bisa ikut even nasional seperti PON di Aceh nanti," ujar Obet.
(shf)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3227 seconds (10.55#12.26)